About Me
- sman1 sidomulyo
- SMAN 1 SIDOMULYO LAMPUNG SELATAN MERUPAKAN SATU - SATUNYA SMA NEGERI YANG ADA DI SIDOMULYO
Rabu, 10 Maret 2010
VISI DAN MISI
MISI :
1. Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan (Imtaq) seluruh
Warga sekolah
2. Meningkatkan Profesionalisme dan Kesejahteraan Tenaga
Kependidikan.
3. Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik
serta Disiplin Siswa.
4. Meningkatkan Peranserta Orangtua Siswa, Masyarakat
dan Alumni untuk mendukung pelaksanaan Program
Kerja Sekolah.
5. Melengkapi, Mengembangkan dan Memanfaatkan Sarana
dan Prasarana Sekolah untuk mendukung kelancaran
proses pendidikan secara optimal.
ANALISIS SWOT
Sasaran : Peningkatan Manajemen Sekolah
FUNGSI DAN FAKTOR | KRITERIA KESIAPAN | KONDISI NYATA | TINGKAT KESIAPAN | FAKTOR |
| | | SIAP | TDK SIAP |
A. FUNGSI KEGIATAN | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Perberdayaan warga sekolah | a. Mampu memberdayakan warga sekolah | a. Cukup mampu | v | |
b. Keragaman Metode Sosialisasi | b. Bervariasi | b. Cukup bervariasi | V | |
c. Perilaku warga sekolah | c. Disiplin dan tertib | c. Cukup disiplin/tertib | V | |
d. Hubungan warga sekolah | d. Akrab | d. Akrab | V | |
. e. Penggunaan waktu | e. Efektif | e. Kurang efektif | | v |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Kesiapan warga sekolah untuk merespon sosialisasi | a. Siap merespon | a. Siap merespon | v | |
b. Dukungan pihak luar. | b. Tinggi | b. Cukup | v | |
c. Lingkungan sosial sekolah | c. Kondusif | c. Kondusif | v | |
d. Lingkungan fisik sekolah | d. Nyaman/tenang | d. Nyaman/tenang | v | |
B. FUNGSI PENDUKUNG : KETENAGAAN | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Jumlah guru | a. Memadai dengan ratio | a. Tidak sepenuhnya memadai. | v | |
b. Kualitas guru | b. Pendidikan minimal S1 | b. 99 % guru pend. S1 | v | |
c. Kesesuaian guru mengajar dengan latar belakang pendidikannya | c. 100 % sesuai | c. 90 % sesuai | v | |
d. Jumlah beban mengajar guru | d. Rata-rata 20 jampel. | d. Rata-rata 24 jampel | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Pengalaman mengajar dari guru | a. Rata-rata berpengalaman mengajar > 5 tahun | a. Berpengalaman mengajar > 5 tahun | v | |
b. Kesiapan mengajar guru | b. Memadai | b. Memadai | v | |
c. Fasilitas pengembangan diri | c. Tersedia | c. Tersedia | v | |
B. FUNGSI PENDUKUNG : SARANA/PRASARANA | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Materi penunjang | a. Cukup dan Lengkap | a. Kurang | | v |
b. Ruang pelaksanaan | b. Cukup, luas, bersih, rapih | b. Tidak cukup | | v |
c. Pengelola Kegiatan | c. Cukup dan mampu | c. Kurang | | v |
d. Dana pengembangan kegiatan | d. Tersedia dan cukup | d. tidak cukup | | v |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Dukungan pihak luar utk melengkapi sarana/prasarana | a. Mendukung | a. Tidak sepenuhnya | | v |
b. Kerjasama dengan pihak luar tentang pelaksanaan KSPBK. | b. | b. Belum ada | | v |
c. Kesesuaian buku-buku penunjang KSPBK. | c. Sesuai | c. belum sepenuhnya sesuai | | v |
Sasaran : Pengembangan Kurikulum dan Sistem Pengujian
FUNGSI DAN FAKTOR | KRITERIA KESIAPAN | KONDISI NYATA | TINGKAT KESIAPAN | FAKTOR |
| | | SIAP | TDK SIAP |
A. FUNGSI PEMBELAJARAN | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Pemberdayaan siswa | a. Guru mampu memberdayakan siswa | a. Cukup mampu | v | |
b. Keberagaman metode mengajar | b. Bervariasi | b. cukup Bervariasi | v | |
c. Perilaku siswa | c. Displin dan tertib | c. Kurang Displin dan tertib | | v |
d. Hubungan guru dengan siswa | d. Akrab | d. Akrab | v | |
e. Penggunaan waktu belajar | e. Efektif | e. Kurang Efektif | | v |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Kesiapan siswa menerima pelajaran | a. Siswa siap menerima | a. Cukup | v | |
b. Dukungan orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa | b. Tinggi | b. Cukup | v | |
c. Lingkungan sosial sekolah | c. Kondusif | c. Kondusif | v | |
d. Lingkungan fisik sekolah | d. Nyaman/tenang | d. Nyaman/tenang | v | |
B. FUNGSI PENDUKUNG PBM : KETENAGAAN | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Jumlah guru | a. Memadai dengan ratio | a. Tidak sepenuhnya memadai. | v | |
b. Kualitas guru | b. Pendidikan minimal S1 | a. 99 % guru pend. S1 | v | |
c. Kesesuaian guru mengajar dengan latar belakang pendidikannya | c. 100 % sesuai | c. 90 % sesuai | v | |
d. Jumlah beban mengajar guru | d. Rata-rata 20 jampel. | d. Rata-rata 24jampel. | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Pengalaman mengajar dari guru | a. Rata-rata berpengalaman mengajar > 5 tahun | a. berpengalaman mengajar > 5 tahun | v | |
b. Kesiapan mengajar guru | b. Memadai | b. Memadai | v | |
c. Fasilitas pengembangan diri | c. Tersedia | c. Tersedia | v | |
| | | | |
C. FUNGSI PENDUKUNG PBM : SARANA PERPUSTAKAAN | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Buku setiap mata pelajaran | a. Cukup dan lengkap | a. Kurang lengkap | | v |
b. Jumlah buku penunjang | b. Cukup dan lengkap | b. Kurang lengkap | | v |
c. Jumlah lemari dan rak buku | c. Cukup | c. Kurang | | v |
d. Ruang perpustakaan | d. | d. Ada dan kurang luas | v | |
e. Pengelola perpustakaan | e. | c. Tidak Pustakawan | | v |
f. Dana Pengembangan Perpustakaan | f. Tersedia dan cukup | f. Tersedia dan tidak cukup | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Dukungan orangtua untuk melengkapi perpustakaan | a. Mendukung | a. Cukup | v | |
b. Kerjasama antar perpustakaan | b. | b. Tidak ada | | v |
c. Penambahan koleksi buku dari pihak luar | c. Ada dan memadai | c. Ada dan tidak memadai | v | |
Sasaran : Pembinaan Kesiswaan
FUNGSI DAN FAKTOR | KRITERIA KESIAPAN | KONDISI NYATA | TINGKAT KESIAPAN | FAKTOR |
| | | SIAP | TDK SIAP |
A. FUNGSI PELATIHAN 1. Faktor Internal | | | | |
a. Pemilihan/Penelusuran bakat siswa | a. Guru mampu memilih/ menelusuri siswa berbakat | a. Cukup mampu | v | |
b. Keragaman metode pelatihan | b. Bervariasi | b. Bervariasi | v | |
c. Perilaku siswa | c. Disiplin | c. Cukup | v | |
d. Hubungan guru dengan siswa | d. Akrab | d. Akrab | v | |
e. Penggunaan waktu pelatihan | e. Efektif | e. Kurang efektif | | v |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Kesiapan siswa menerima pelatihan | a. Siswa siap menerima | a. Cukup | v | |
b. Dukungan orangtua utk memotivasi pelatihan siswa | b. Tinggi | b. Cukup | v | |
c. Lingkungan sosial sekolah | c. Kondusif | c. Kondusif | v | |
d. Lingkungan fisik sekolah | d. Nyaman/tenang | d. Nyaman/tenang | v | |
| | | | |
B. FAKTOR PENDUKUNG PELATIHAN KETENAGAAN/PELATIH | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Jumlah Guru Pelatih | a. Memadai | a. Memadai | v | |
b. Kualitas Guru Pelatih | b. Pendidikan minimal S1 | b. Pendidikan minimal S1 | v | |
c. Kesesuaian keterampilan pelatih dengan bahan pelatihan | a. Memadai | a. Memadai | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Pengalaman pelatih | a. Berpengalaman > 5 tahun | a. Berpengalaman > 5 tahun | v | |
b. Kesiapan melatih | b. Siap | b. Siap | v | |
c. Fasilitas pengembangan diri pelatih | c. Tersedia | c. kurang Tersedia | | v |
C. FUNGSI PENDUKUNG PELATIHAN SARANA/PRASARANA | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Lapangan Olahraga | a. | a. | v | |
b. Peralatan Olahraga | b. | b. | v | |
c. Peralatan KIR | c. | c. Ada/kurang memadai | | v |
d. Peralatan PMR | d. | d. Ada/kurang memadai | | V |
e. Peralatan Pramuka | e. | e. | v | |
f. Peralatan Seni | f. | f. | v | |
g. Ruang Keterampilan | g. | g. Tidak ada | | v |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Dukungan orangtua utk melengkapi sarana/prasarana pelatihan | a. Mendukung | a. Cukup | v | |
b. Kerjasama dengan pihak luar | b. | b. | v | |
c. Even Perlombaan | c. | c. | v | |
Sasaran : Pengembangan Fasilitas/Sarana Prasarana
FUNGSI DAN FAKTOR | KRITERIA KESIAPAN | KONDISI NYATA | TINGKAT KESIAPAN | FAKTOR |
| | | SIAP | TDK SIAP |
A. FUNGSI PENGEMBANGAN | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Jumlah RKB | a. Sesuai dengan Ratio Rombel | a. Tidak sesuai (Kurang) | v | |
b. Jumlah Ruang Laboratorium | b. Jumlah Ruang Laboratorium | b. Tidak sesuai (Kurang | | v |
c. Jumlah Ruang Keterampilan | c. Sesuai dengan jumlah keterampilan yang di ekstrakurikulerkan | c. Tidak ada | | v |
d. Jumlah Ruang Perpustakaan | d. | d. Cukup | v | |
e. Fasilitas sarana/prasarana Lainnya | e. | e. Memadai | v | |
| | | | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Jumlah calon siswa baru | a. Cukup/melebihi kapasi - tas daya tampung | a. Cukup dan melebihi kapasitas daya tampung | v | |
b. Minat belajar/praktikum dan pelatihan siswa | b. Tinggi | b. Tinggi | v | |
c. Motivasi orangtua terhadap peningkatan aakademik dan non akademik siswa | c. Tinggi | c. Tinggi | v | |
B. FUNGSI PENDUKUNG : KETENAGAAN | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Jumlah guru | a. Memadai dengan ratio | a. Tidak sepenuhnya memadai. | v | |
b. Kualitas guru | b. Pendidikan minimal S1 | a. 99 % guru pend. S1 | v | |
c. Kesesuaian guru mengajar dengan latar belakang pendidikannya | c. 100 % sesuai | c. 90 % sesuai | v | |
d. Jumlah beban mengajar guru | d. Rata-rata 20 jampel. | d. Rata-rata 24 jampel | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Pengalaman mengajar dari guru | a. Rata-rata berpengalaman mengajar > 5 tahun | a. Berpengalaman mengajar > 5 tahun | v | |
b. Kesiapan mengajar guru | a. Memadai | b. Memadai | v | |
c. Fasilitas pengembangan diri | c. Tersedia | c. Tersedia | v | |
| | | | |
C. FUNGSI PENDUKUNG : KETERSEDIAAN LOKASI | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Luas lahan sekolah | a. Luas dan memadai | a. Luas (2 Ha) | v | |
b. Penataan sarana/prasarana | b. Tertata rapi | b. Tertata rapi | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Lingkungan Sekolah | a. Kondusif | a. Kondusif | v | |
b. Lingkungan Fisik sekolah | b. Nyaman/Tenang | b. Nyaman/Tenang | v | |
| | | | |
Sasaran : Pengembangan Ketenagaan/Personalia
FUNGSI DAN FAKTOR | KRITERIA KESIAPAN | KONDISI NYATA | TINGKAT KESIAPAN | FAKTOR |
| | | SIAP | TDK SIAP |
A. FUNGSI KETERSEDIAAN | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Jumlah guru/Personalia | a. Memadai dengan ratio | a. Tidak sepenuhnya memadai. | v | |
b. Kualitas guru/Personalia | b. Pendidikan minimal S1/ | a. 99 % guru pend. S1/ | v | |
c. Kesesuaian guru mengajar dengan latar belakang pendidikannya | c. 100 % sesuai | c. 90 % sesuai | v | |
d. Jumlah beban mengajar guru | d. Rata-rata 20 jampel. | d. Rata-rata 24 jampel | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Pengalaman mengajar/bekerja dari guru dan personalia | a. Rata-rata berpengalaman > 5 tahun | a. Berpengalaman > 5 tahun | v | |
b. Kesiapan mengajar/kerja guru/person | b. Memadai | b. Memadai | v | |
c. Fasilitas pengembangan diri | c. Tersedia | c.Kurang tersedia | v | |
B. FUNGSI PENDUKUNG : PEMBERDAYAAN KETENAGAAN | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Kesiapan menerima perubahan | a. Siap dan merespon | a. Siap dan merespon | v | |
b. Kerjasama | b. Harmonis | b. cukup | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Pengalaman mengajar dari guru | a. Rata-rata berpengalaman mengajar > 5 tahun | a. Berpengalaman mengajar > 5 tahun | v | |
b. Kesiapan mengajar guru | b. Memadai | b. Memadai | v | |
c. Fasilitas pengembangan diri | c. Tersedia | c.kurang tersedia | v | |
C. FUNGSI PENDUKUNG : KESEJAHTERAAN | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Usaha-usaha peningkatan kesejahteraan ketenagaan | a. | a. Cukup | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Dukungan orangtua/masyarakat utk peningkatan kesejahteraan Ketenagaan | b. | b. Ada/tidak memadai | | v |
Sasaran : Aspek Lain-Lain
FUNGSI DAN FAKTOR | KRITERIA KESIAPAN | KONDISI NYATA | TINGKAT KESIAPAN | FAKTOR |
| | | SIAP | TDK SIAP |
A. FUNGSI PENGEMBANGAN : PELATIHAN KETERAMPILAN KOMPUTER | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Motivasi penambahan keterampilan | a. Tinggi | a. Tinggi | v | |
komputer siswa | | | | |
b. Motivasi penambahan keterampilan komputer guru | b. Tinggi | b. Tinggi | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Dorongan pelayanan masyarakat dengan sistim komputerisasi | a. Tinggi | a. Tidak terlayani | | v |
b. Dorongan orangtua siswa untuk menambah keterampilan computer Siswa | b. Tinggi | b. Cukup | v | |
2. FUNGSI PENDUKUNG : KETERSEDIAAN SARANA / PRASARANA KOMPUTER | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Ketersediaan sarana computer | a. | a. Ada dan tidak memadai | | v |
b. Ketersediaan ruang computer | b. | b. | v | |
c. Ketersediaan Instruktur | c. | c. | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Kerjasama dengan pihak luar | a. | a. Tidak ada | | v |
b. Bantuan dari pihak orangtua siswa dalam pengadaan sarana komputer | b. | b. Ada dan tidak memadai | | v |
c. Bantuan dari pihak orangtua siswa dalam pengadaan ruang komputer | c. | c. Belum ada | | v |
AGENDA SCHOOL REFORM
PROGRAM KERJA SMA NEGERI 1 SIDOMULYO TP. 2009/2010
LEVEL : Regulator/Kelas
NO | AGENDA | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI |
| REFORMASI | | DALAM WAKTU 4 TAHUN | | PADA TP. 2009/2010 |
| Mewujudkan Proses Pembelajaran yang Efektif | 1.1. | Belajar dengan inquiry / discovery | 1,1 | Mengidentifikasi potensi dasar siswa |
| | 1.2. | Belajar dengan cara diskusi | 1,2 | Mengidentifikasi mareri dasar dan pengembangan |
| | 1,3 | Belajar dengan learning to learn | 1,3 | Menciptakan suasana pembelajaran |
| | 1,4 | Belajar dengan learning by doing | 1,4 | Menciptakan motivasi belajar yang tinggi |
| | 1,5 | Belajar dengan pemberian reward dan punishment | 1,5 | Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode variatif dan media komunikasi pembelajaran audio - visual |
| | 1,6 | Peningkatan komitmen pada siswa belajar | | |
| | 1,7 | Reorientasi proses pembelajaran untuk peningkatan life skill | | |
| | 1,8 | Penggunaan multi media sebagai sumber belajar | | |
| | 1,9 | Peningkatan daya baca siswa | | |
| | 1,1 | Sinergi kelompok dalam belajar | | |
2 | Menerapkan sistem evaluasi yang efektif dan melakukan perbaikan se cara berkelanjutan | 2,1 | Penyusunan soal sesuai dengan pedoman secara benar | 2,1 | Menyusun rencana evaluasi yang valid dan reliabel |
| | 2,2 | Penerapan evaluasi secara teratur | 2,2 | Mengefektifkan evaluasi proses pembelajaran |
| | 2,3 | Pemberian nilai secara objektif dan terbuka | 2,3 | Melaksanakan analisis hasil evaluasi |
| | 2,4 | Umpan balik hasil tes untuk remedial | 2,4 | Menyelenggarakan penyusunan program perbaikan dan pengayaan |
| | 2,5 | Umpan balik hasil tes untuk penyempurnaan pembelajaran | 2,5 | Mengukur daya serap siswa |
| | 2,6 | Memberikan reward bagi yang berhasil | | |
| | 2,7 | Pemberdayaan evaluasi sebagai alat evaluasi belajar | | |
| | 2,8 | Pembentukan standar keberhasilan sesuai dengan | | |
| | | kondisi sekolah | | |
| | 2,9 | Administrasi penilaian yang tertata rapi | | |
| | 2.1'0 | Mengkomunikasikan hasil evaluasi kepada | | |
PROGRAM KERJA SMA NEGERI 1 SIDOMULYO TP. 2009/2010
LEVEL : Mediator/Profesi
NO | AGENDA | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI DALAM | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI |
| REFORMASI | | WAKTU 4 TAHUN | | PADA TP. 2009/2010 |
3 | Melakukan refleksi diri kearah pembentukan karakter kepemimpinan sekolah kuat | 3,1 | Melakukan pengambil keputusan kolektif | 3,1 | Efektifitas kepemimpinan kepala sekolah mampu memberikan pengaruh yang positif atas kinerja seluruh personal karena yang baik |
| | 3,2 | Kepemimpinan fasilitas | 3,2 | Terbuka menerima masukan ke arah positif |
| | 3,3 | Kepemimpinan demokratif | 3,3 | Pengambilan keputusan melalui musyawarah dan demokratis |
| | 3,4 | Pengembangan kepemimpinan guru | 3,4 | Bersama komponen lain menjadi figur teladan lantaran iman dan taqwa sehingga terbiasa dalam segala aspek keseharian yang nyaris tanpa adanya dikotomi |
| | 3,5 | Peningkatan kemampuan dalam mengambil keputusan | | |
| | 3,6 | Peningkatan kemampuan profesional Kepala Sekolah | | |
| | 3,7 | Kepala sekolah dan guru sebagai figur teladan | | |
| | 3,8 | Kepemimpinan bersih dan transparan | | |
| | | | | |
4 | Melaksanakan pengembangan staff yang kompeten dan berdedikasi tinggi | 4,1 | Penataan pembagian tugas yang jelas | 4,1 | Mereposisi staf sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan tugas - tugas |
| | 4,2 | Meningkatkan kopetensi staff melalui pelatihan | 4,2 | Memberikan keleluasaan berinisiatif dan berinofatif dalam tugas kepada para staf dan komponen sekolah dalam menyelesaikan masalah |
| | 4,3 | Meningkatkan kemampuan profesionalisme | 4,3 | Menganalisis materi esensial yang terintegrasi dalam menyusun silabus |
| | 4,4 | Meningkatkan pemahaman guru tentang materi esensial | 4,4 | Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan hal lain secara komprehe sif melaluirapat dinas secara berkala |
| | 4,5 | Melaksanakan rapat evaluasi pelaksanaan tugas yang melibatkan seluruh staff | | |
PROGRAM KERJA SMA NEGERI 1 SIDOMULYO TP. 2009/2010
LEVEL : Manajemen/Sekolah
NO | AGENDA | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI DALAM | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI |
| REFORMASI | | WAKTU 4 TAHUN | | PADA TP. 2009/2010 |
5 | Menumbuhkan | 5,1 | Menumbuhkan kemandirian dalam penentuan program sekolah | 5,1 | Membuat perencanaan sekolah secara terpadu dengan melibatkan unsur-unsur steak holder. |
| Komitmen untuk Mandiri | 5,2 | Menumbuhkan kemandirian dalam pendanaan program sekolah | 5,2 | Menumbuhkan budaya demokrasi di sekolah. |
| | 5,3 | Melaksanakan tugas sesuai dengan keahlian | 5,3 | Menumbuhkan budaya transparasi di semua sektor. |
| | 5,4 | Menambah wawasan pengetahuan sesuai dengan keahlian | 5,4 | Menumbuhkembangkan budaya standar mutu dalam melaksanakan tugas |
| | 5,5 | Menumbuhkan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas | | |
| | 5,6 | Melaksanakan tugas tanpa menunggu petunjuk dan perintah | | . |
| | 5,7 | Meningkatkan partisipasi guru dalam melasanakan kebijaksanaan sekolah | | |
6 | Mengutamakan | 6,1 | Melaksanakan proses pembelajaran yang efektif dan efesien sesuai jadwal | 6,1 | Menyusun perencanaan kegiatan belajar secara terpadu |
| kepuasan | 6,2 | Menyajikan pembelajaran yang ramah, menyenangkan, cepat dan efktif | 6,2 | Menciptakan suasana belajar yang kondusif, sehingga dapat diharapkan hasil belajar yang oftimal |
| pelanggan | 6,3 | Terbuka terhadap saran dan kritik | 6,3 | Meningkatkan pelayanan terhadap warga sekolah dan masyarakat |
| (customer | 6,4 | Beroriantasi pada peningkatan kualitas pelayanan | 6,4 | Menumbuhkembangkan jalinan silaturrahmi dengan warga sekolah, masyarakat, dan orang tua dalam rangka kepedulian akan penting peningkatan mutu pendidikan di SMU Negeri 1 Sidomulyo |
| satisfaction) | 6,5 | Memberikan kemudahan pada siswa agar dapat belajar efektif | | |
| | 6,6 | Meningkata kepuasan masyarakat atas pelayanan sekolah melalui peningkatan prestasi siswa. | | |
PROGRAM KERJA SMA NEGERI 1 SIDOMULYO TP. 2009/2010
LEVEL : Manajemen/Sekolah
NO | AGENDA | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI DALAM | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI |
| REFORMASI | | WAKTU 4 TAHUN | | PADA TP. 2009/2010 |
7 | menumbuhkan sikap responsive dan antisipasi terhadap kebutuhan | 7,1 | Memberikan kepuasan kepada guru untuk menyampaikan hasil pikiran / gagasan untuk kemanjuan sekolah | 7,1 | Memberikan keleluasaan guru untuk meng ekpresikan gagasan-gagasannya. |
| | 7,2 | Dapat mengantisipasi setiap perubahan/ tututan dimasa depan | 7,2 | Memberikan keleluasaan guru untuk - |
| | 7,3 | Menyelesaikan masalah dengan tepat dan cepat | 7,3 | Jalan panjang menyiapkan siswa menuju pendewasaan diri, memahami jati diri, memiliki kecakapan berpikir rasional dan akademik, kecakapan vokasional dan berkepribadian atas dasar iman dan takwa |
| | 7,4 | Penyusunan program di dahului dengan analisis kebutuhan siswa | 7,4 | Penyediaan berbagai sumber imformasi melalui buku-buku perpustakaan, VCD pem belajaran, media |
| | 7,5 | Penyediaan bergai sumber informasi seperti internet, televisi, buku, koran, jurnal, mading, dls. | 7,5 | Memberi layanan bimbingan khusus kepada siswa yang bermasalah maupun yang berprestasi baik. |
8 | Menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan tertib | 8,1 | Menyusun tata tertib yang disepakati seluruh warga sekolah | 8,1 | Menggalakkan 8 K |
| | 8,2 | Mengembangkan sekolah yang aman,bersih,tertib,indah, rindang,kekeluargaan,ber-keimtaqan dan garba iptek. | 8,2 | Menjadikan sekolah sebagai taman yang kondusif untuk mendulang prestasi |
| | 8,3 | Menciptakan hubungan kerja yang harmonis. | 8,3 | Revitalisasi tatatertib sekolah |
| | 8,4 | Melaksanakan tata tertib yang konsekuen | 8,4 | Lingkungan yang bersih mendukung kenyamanan belajar |
| | 8,5 | Menciptakan kerjasama dengan masyarakat sekitar sekolah | 8,5 | Membudayakan menjaga kebersihan itu lebih mulia |
| | 8,6 | Menunjuk petugas keamanan dan kebersihan sekolah | 8,6 | Pemagaran keliling tetapi tetap terjaga keindahannya |
PROGRAM KERJA SMA NEGERI 1 SIDOMULYO TP. 2009/2010
LEVEL : Manajemen/Sekolah
NO | AGENDA | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI DALAM | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI |
| |
| REFORMASI | | WAKTU 4 TAHUN | | PADA TP. 2009/2010 |
| |
9 | Menumbuhkan budaya mutu di lingkunaan sekolah | 9,1 | Memberi reward kepada guru, staf, dan siswa berprestasi | 9,1 | Pemberian penghargaan kepada siswa dan guru atas prestasi dan pengabdiannya |
| |
| | 9,2 | Memberdayakan MGMP tingkat sekolah | 9,2 | Menumbuhkan MGMP sekolah dan kabupaten |
| |
| | 9,3 | Mewajibkan warga sekolah untuk memberdayakan perpustakaan | 9,3 | Menumbuhkan budaya membaca melalui optimalisasi bahan pustaka |
| |
| | 9,4 | Meningkatkan kualitas kehidupan beragama | 9,4 | Membina kehidupan beragama, sehingga terbiasa dalam kehidupan sehari-hari |
| |
| | 9,5 | Memiliki target mutu yang tinggi | | |
| |
10 | Menumbuhkan harapan Prestasi Tinggi | 10,1 | Bidang Akademik a. Peningkatan kemampuan profesional guru b. Penciptaan kondisi, belajar sebagai kebutuhan c. Peningkatan kualitas proses pembelajaran d. Dukungan orang tua dan masyarakat e. Sistem evaluasi yang efektifdan efisien | 10,1 | Meningkatkan dan mempertahan prestasi belajar yang selama ini telah dimiliki sekolah baik tingkat kabupaten maupun propinsi |
| |
| | 10,2 | Bidang non-akademik a. Mengadakan lomba cepat tepat dalam kegiatan class meeting b. Melaksanakan jadwal rutin olahraga prestasi / seni c. Mengikut sertakan siswa dalam lomba-lomba | 10,2 | Pemahaman agamis sehingga tercipta kondisi belajar adalah kebutuhan |
| |
| | 103 | Pengembangan Visi a. Kepala sekolah memberi motifasi b. Kepala sekolah memberi reward c. Kepala sekolah memberi kepercayaan d. Kepala sekolah memberi kesempatan pengembangan diri | 10,3 | Pembinaan kegiatan ekstrakurikuler yang terarah, disibukkan dengan jam belajar tambahan , dan hal-hal lain yang positif sehingga diharapkan siswa terhindar dari jeratan miras dan obat terlarang , misalnya latihan olahraga terjadwal, praktikum, latihan LKIR,PMR,PASKIBRA,Beladiri, mabit, tindaklanjut pesantren kilat. |
| |
| | | | 10,4 | Mengikutkan siswa dalam kegiatan lomba akademik dan non-akademik |
| |
| | | | 10,5 | Kepala sekolah bersama seluruh civitas akademika membuka kesempatan seluasnya agar SMU N 1 SIDOMULYO berada dalam arah kompas kemajuan sehingga memberikan kontribusi sangat positif yang tidak dapat dinilai dengan alat tukar apapun |
| |
11 | Menumbuhkan kemauan untuk berubah | 11,1 | Menumbuhkan kebiasaan melakukan perubahan | 11,1 | Melaksanakan studi banding agar membuka wawasan dan pengetahuan serta pengalaman baru bagi warga sekolah. |
| |
| | 11,2 | Memberi kesempatan dan peluang untuk berubah | 11,2 | Mengupayakan agar sekolah selalu mengalami perubahan ke arah yang positif diberbagai aspek, oleh karenanya penting adanya jalinan yang harmonis dengan berbagai pihak |
| |
| | 11,3 | Menjalin hubungan yang sinergis dengan orang tua dan masyarakat untuk mengadakan pembaharuan yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan | 11,3 | Kurikulum adalah benda mati yang abstrak,akan terasakan se makin abstrak manakala tidak disikapi dan disiasati secara arif dan bijak |
| |
| | 11,4 | Mengadakan studi banding ke lembaga yang lebih baik | | |
| |
| | 11,5 | Memberi kesempatan kepada guru mata pelajaran dan untuk mensiasati kurikulum | | |
| |
12 | Mengembangkan komunikasi yang baik | 12,1 | Melakukan pertemuan dengan seluruh stake holders untuk membicarakan program sekolah | 12,1 | Pemahaman yang utuh dan satu bahasa atas seluruh program sekolah bagi warga sekolah tanpa terkecuali |
| |
| | 12,2 | Melakukan komunikasi secara tertulis atau lisan kepada orang tua dan masyarakat berkaitan dengan kepentingan sekolah | 12,2 | Komunikasi yang harmonis dalam bentuk dan media apapun demi kepentingan kemajuan sekolah |
| |
| | 12,3 | Bekerjasama antar seluruh stake holders dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah sesuai dengan fungsi masing-masing | 12,3 | Mengoptimalkan kegiatan MGMP tingkat sekolah dan Kabupaten, dan kegiatan lainnya baik pada tingkat yang sama maupun tingkat di atasnya | | |
| | 12,4 | Membina komunikasi antar warga sekolah | | | | |
| | 12,5 | Menyelenggarakan pertemuan rutin MGMP | | | | |
13 | Mewujudkan tim kerja yang kompak cerdas dan dinamis | 13,1 | Memilih anggota tim yang sesuai dengan kemampuannya | 13,1 | Pembinaan team work yang solid mutlak dilakukan untuk men yikapi berbagai aktifitas KSPBK yang berakar pada MPMBS yang intensitasnya relatif tinggi |
| |
| | 13,2 | Menyusun program kerja tim | 13,2 | Melengkapi tim kerja yang belum ada |
| |
| | 13,3 | Menentukan target yang hendak dicapai | 13,3 | Menyusun rencana dan jadwal kegiatan |
| |
| | 13,4 | Menyusun jadwal kerja | 13,4 | Akuntabilitas tim kepada sivitas akademika. |
| |
| | 13,5 | Akuntabilitas tim kepada warga sekolah dan stake holders | | |
|
14 | Melaksanakan keterbukaan transparan ) manajemen sekolah ) | 14,1 | Melibatkan stake holders dalam menyusun program kerja sekolah | 14,1 | Program kerja sekolah disusun secara terbuka dan bersama-sama melibatkan unsur warga sekolah, komite, dan unsur lain |
| | 14,2 | Melibatkan warga sekolah dalam melaksanakan program | 14,2 | Program kerja sekolah dipahami secara menyeluruh oleh seluruh warga sekolah dan pelaksana serta penanggung jawab program |
| | 14,3 | Menumbuhkan sistem dan iklim demokratis di sekolah | 14,3 | Pembinaan pribadi yang unggul lebih utama agar kegiatan di laksanakan dengan jujur sehingga menjadi sempurna manakala dilengkapi waskat. |
| | 14,4 | Memfungsikan pengawasan melekat ( Waskat ) | | |
| | 14,5 | Secara rutin memberikan informasi kepada stake holders | | |
15 | Menetapkan secara jelas serta me wujudkan visi dan misi sekolah | 15,1 | Merumuskan visi dan misi yang terukur dengan warga sekolah | 15,1 | Rumusan visi dan misi yang jelas sehingga mudah diukur dan secara berkala dievaluasi |
| | 15,2 | Mensosialisasikan visi dan misi sekolah kepada stake holders | 15,2 | Sosialisasi visi dan misi kepada stake holders |
| | 15,3 | Menentukan tujuan untuk mewujudkan visi dan misi sekolah | 15,3 | Penyusunan program dalam bentuk proposal untuk mendapatkan pembiayaan dari unsur terkait. |
PROGRAM KERJA SMA NEGERI 1 SIDOMULYO TP. 2009/2010
LEVEL : Manajemen/Sekolah
NO | AGENDA | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI DALAM | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI |
| REFORMASI | | WAKTU 4 TAHUN | | PADA TP. 2009/2010 |
16 | Melaksanakan pengolahan tenaga kependidikan secara efektif | 16,1 | Menganalisis kebutuhan | 16,1 | Menganalisis dan menyusun rencana kebutuhan guru dan siswa dalam kegiatan belajar |
| | 16,2 | Merencanakan kebutuhan | 16,2 | Evaluasi untuk perbaikan kinerja tenaga kependidikan |
| | 16,3 | Mengembangkan tenaga kependidikan | 16,3 | Memberi penghargaan kepada tenaga kependidikan dan tenaga administrasi |
| | 16,4 | Mengevaluasi kinerja tenaga kependidikan | 16,4 | Pembagian tugas yang signifikan sehingga menjadi team work yang solid |
| | 16,5 | Hubungan kerja yang baik imbal jasa | 16,5 | Meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh warga sekolah , guru, tata usaha, pesuruh, penjaga keamanan |
| | 16,6 | Membagi habis tugas sesuai dengan Bidangnya | | |
| | 16,7 | Meningkatkan kemampuan personal yang profesional | | |
| | 16,8 | Memberikan penghargaan kepada tenaga kependidikan | | |
17 | Melaksanakan pengelolaan sumber belajar secara efektif | 17,1 | Meningkatkan perpustakaan menjadi pusat pembelajaran | 17,1 | Melengkapi, memelihara dan optmalisasi pemberdayaan sarana dan prasarana perpustakaan dengan adanya audio-visual dan koleksi bahan pustaka |
| | 17,2 | Membudayakan siswa dan guru memanfaatkan pusat sumber belajar | 17,2 | Penyediaan jam layanan pustaka |
| | | | 17,3 | Membudayakan optimalisasi sumber-sumber belajar.laboratorium dan perpustakaan, oleh karenanya penting adanya standarisasi |
| | 17,3 | Menambah jam pelayanan pusat pembelajaran | | |
| | 17,4 | Melengkapi fasilitas pusat pembelajaran sesuai dengan pembelajaran sesuai dengan perkembangan iptek | | |
| | 17,5 | Memberdayakan pengolahan pusat pembelajaran secara Optimal | | |
18 | Melaksanakan pengelolaan kegiatan kesiswaan secara optimal | 18,1 | Menyusun program dan jadwal akstra kurikuler | 18,1 | Revisi dan revitalisai program kegiatan ekstra kurikuler |
| | 18,2 | Melaksanaklan program ekstra kurikuler | 18,2 | Pengisian angket ekstra kurikuler |
| | 18,3 | Menjaring peserta ekstra kurikuler sesuai dengan bakat dan minat | 18,3 | Eksplorasi ekstra kurikuler yang menarik minat, dan mengarah pada ekstra kurikuler unggulan sesuai dengan wawasan khusus yang |
Komite Sekolah Ketua, Ir. Hi. SUMARGO | Sidomulyo, Kepala Sekolah HIDAYATULLAH, S.Pd Pembina NIP. 19620730 198503 1 002 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar