About Me

Foto saya
SMAN 1 SIDOMULYO LAMPUNG SELATAN MERUPAKAN SATU - SATUNYA SMA NEGERI YANG ADA DI SIDOMULYO

Rabu, 10 Maret 2010

IV. SASARAN DAN KEBUTUHAN SEKOLAH

a. Aspek Peningkatan Manajemen Sekolah

1. Meningkatkan partisipasi dan pemberdayaan dewan guru dan tata usaha untuk
merencanakan dan melaksanakan secara bersama-sama program kerja sekolah
selama satu tahun pelajaran baik yang bersifat akademik maupun non akademik.
2. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
3. Menertibkan administrasi sekolah, KBM dan Bimbingan konseling oleh semua dewan guru dan tata usaha sesuai dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing.
4. Mengevaluasi bersama pelaksanaan program kerja sekolah.
5. Membina hubungan kerjasama yang harmonis dengan orangtua siswa, masyarakat, alumni dan instansi terkait melalui Komite Sekolah.

B. Aspek Pengembangan Kurikulum dan Sistem Penilaian

1. Peningkatan kompetensi guru dalam rangka Implementasi KTSP dan Life Skill
Melalui IHT/Workshop dan diklat-diklat.
2. Penyusunan Pengembangan Silabus KTSP dan Perangkat Penilaian.
3. Mengimplementasikan KTSP dan Sistim Pengujian Berbasis Kompetensi
(KSPBK).
4. Mengaktifkan kegiatan MGMP di tingkat Sekolah, Sub Rayon dan Tk. Kabupaten.
5. Komputerisasi identitas dan hasil pembelajaran siswa kelas X, XI dan XII
6. Menerapkan pelaporan hasil nilai ulangan harian siswa yang murni kepada
orangtua.
7. Pelatihan Komputer bagi siswa, baik secara terpisah maupun menyatu dengan
Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi.
8. Menerapkan metode pembelajaran yang lebih variatif dengan bantuan sarana
Multimedia.
9. Mengarahkan dan membimbing Siswa dalam upaya memenuhi keterampilan dasar
yang bermuatan lokal (Mulok) dan usaha-usaha Pengembangan Diri Siswa melalui
kegiatan Ekstrakurikuler dan bimbingan konseling.

C. Aspek Pembinaan Kesiswaan

1. Mengaktifkan Kegiatan Rohis dan Rohani Agama lainnya dan integrasi Imtaq dan
Iptek.
2. Melatih tim olahraga siswa secara rutin dan terjadwal.
3. Mengikuti even olahraga tingkat kecamatan dan Kabupaten.
4. Melatih tim seni secara rutin dan terjadwal.
5. Mengikuti even seni tingkat kecamatan dan kabupaten.
6. Mengaktifkan kegiatan Palang merah remaja.
7. Mengaktifkan kegiatan kepramukaan.
8. Memberdayakan OSIS dalam berbagai kegiatan ektrakurikuler yang terprogram.


D. Aspek Pengembangan Fasilitas/Sarana Prasarana

1. Mengadakan perbaikan dan penambahan meubelair kelas dan kantor.
2. Mengusahakan penambahan RKB. Lab. Bahasa/ruang Multimedia.
3. Merehablitasi fisik sekolah dan mengadakan sarana olahraga.
4. Mengadakan sarana kegiatan Ekstrakurikuler yang meliputi : Rohis, KIR,
Pramuka, PMR, Seni, Olahraga, UKS, dan Satgas Narkoba.
5. Mengusahakan penambahan sarana komputer siswa dan guru.
6. Pemasangan dan peningkatan kualitas jaringan internet
7. Pengadaan gedung laboratorium IPA/Kimia dan sarana prakteknya.
8. Pengusulan pengadaan gedung lab. Multimedia dan bahasa.
9. Pembangunan Pagar Kawasan Sekolah yang permanen.

E. Aspek Pengembangan Ketenagaan/Personalia

1. Meningkatkan kesejahteraan GT, GTT, PT dan PTT.
2. Mengusahakan tambahan tenaga guru dan tata usaha.
3. Mengusahakan peningkatan kompetensi tenaga guru dan tata usaha.

F. Aspek Lainnya

1. Penambahan pengadaan unit komputer untuk keterampilan siswa, guru dan TU.
2. Pelatihan keterampilan operasional komputer bagi siswa, guru dan TU.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ANALISIS SWOT

Sasaran : Peningkatan Manajemen Sekolah

FUNGSI DAN FAKTOR

KRITERIA KESIAPAN

KONDISI NYATA

TINGKAT KESIAPAN

FAKTOR

SIAP

TDK SIAP

A. FUNGSI KEGIATAN

1. Faktor Internal

a. Perberdayaan warga sekolah

a. Mampu memberdayakan warga sekolah

a. Cukup mampu

v

b. Keragaman Metode Sosialisasi

b. Bervariasi

b. Cukup bervariasi

V

c. Perilaku warga sekolah

c. Disiplin dan tertib

c. Cukup disiplin/tertib

V

d. Hubungan warga sekolah

d. Akrab

d. Akrab

V

. e. Penggunaan waktu

e. Efektif

e. Kurang efektif

v

2. Faktor Eksternal

a. Kesiapan warga sekolah untuk merespon sosialisasi

a. Siap merespon

a. Siap merespon

v

b. Dukungan pihak luar.

b. Tinggi

b. Cukup

v

c. Lingkungan sosial sekolah

c. Kondusif

c. Kondusif

v

d. Lingkungan fisik sekolah

d. Nyaman/tenang

d. Nyaman/tenang

v

B. FUNGSI PENDUKUNG :

KETENAGAAN

1. Faktor Internal

a. Jumlah guru

a. Memadai dengan ratio

a. Tidak sepenuhnya memadai.

v

b. Kualitas guru

b. Pendidikan minimal S1

b. 99 % guru pend. S1

v

c. Kesesuaian guru mengajar dengan latar belakang pendidikannya

c. 100 % sesuai

c. 90 % sesuai

v

d. Jumlah beban mengajar guru

d. Rata-rata 20 jampel.

d. Rata-rata 24 jampel

v

2. Faktor Eksternal

a. Pengalaman mengajar dari guru

a. Rata-rata berpengalaman mengajar > 5 tahun

a. Berpengalaman mengajar > 5 tahun

v

b. Kesiapan mengajar guru

b. Memadai

b. Memadai

v

c. Fasilitas pengembangan diri

c. Tersedia

c. Tersedia

v

B. FUNGSI PENDUKUNG :

SARANA/PRASARANA

1. Faktor Internal

a. Materi penunjang

a. Cukup dan Lengkap

a. Kurang

v

b. Ruang pelaksanaan

b. Cukup, luas, bersih, rapih

b. Tidak cukup

v

c. Pengelola Kegiatan

c. Cukup dan mampu

c. Kurang

v

d. Dana pengembangan kegiatan

d. Tersedia dan cukup

d. tidak cukup

v

2. Faktor Eksternal

a. Dukungan pihak luar utk melengkapi sarana/prasarana

a. Mendukung

a. Tidak sepenuhnya

v

b. Kerjasama dengan pihak luar tentang pelaksanaan KSPBK.

b. Ada kerjasama

b. Belum ada

v

c. Kesesuaian buku-buku penunjang KSPBK.

c. Sesuai

c. belum sepenuhnya sesuai

v

Sasaran : Pengembangan Kurikulum dan Sistem Pengujian

FUNGSI DAN FAKTOR

KRITERIA KESIAPAN

KONDISI NYATA

TINGKAT KESIAPAN

FAKTOR

SIAP

TDK SIAP

A. FUNGSI PEMBELAJARAN

1. Faktor Internal

a. Pemberdayaan siswa

a. Guru mampu memberdayakan siswa

a. Cukup mampu

v

b. Keberagaman metode mengajar

b. Bervariasi

b. cukup Bervariasi

v

c. Perilaku siswa

c. Displin dan tertib

c. Kurang Displin dan tertib

v

d. Hubungan guru dengan siswa

d. Akrab

d. Akrab

v

e. Penggunaan waktu belajar

e. Efektif

e. Kurang Efektif

v

2. Faktor Eksternal

a. Kesiapan siswa menerima pelajaran

a. Siswa siap menerima

a. Cukup

v

b. Dukungan orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa

b. Tinggi

b. Cukup

v

c. Lingkungan sosial sekolah

c. Kondusif

c. Kondusif

v

d. Lingkungan fisik sekolah

d. Nyaman/tenang

d. Nyaman/tenang

v

B. FUNGSI PENDUKUNG PBM :

KETENAGAAN

1. Faktor Internal

a. Jumlah guru

a. Memadai dengan ratio

a. Tidak sepenuhnya memadai.

v

b. Kualitas guru

b. Pendidikan minimal S1

a. 99 % guru pend. S1

v

c. Kesesuaian guru mengajar

dengan latar belakang

pendidikannya

c. 100 % sesuai

c. 90 % sesuai

v

d. Jumlah beban mengajar guru

d. Rata-rata 20 jampel.

d. Rata-rata

24jampel.

v

2. Faktor Eksternal

a. Pengalaman mengajar dari

guru

a. Rata-rata berpengalaman mengajar > 5 tahun

a. berpengalaman mengajar > 5 tahun

v

b. Kesiapan mengajar guru

b. Memadai

b. Memadai

v

c. Fasilitas pengembangan diri

c. Tersedia

c. Tersedia

v

C. FUNGSI PENDUKUNG PBM :

SARANA PERPUSTAKAAN

1. Faktor Internal

a. Buku setiap mata pelajaran

a. Cukup dan lengkap

a. Kurang lengkap

v

b. Jumlah buku penunjang

b. Cukup dan lengkap

b. Kurang lengkap

v

c. Jumlah lemari dan rak buku

c. Cukup

c. Kurang

v

d. Ruang perpustakaan

d. Ada, luas, bersih

d. Ada dan kurang luas

v

e. Pengelola perpustakaan

e. Ada dan Pustakawan

c. Tidak Pustakawan

v

f. Dana Pengembangan Perpustakaan

f. Tersedia dan cukup

f. Tersedia dan tidak cukup

v

2. Faktor Eksternal

a. Dukungan orangtua untuk melengkapi perpustakaan

a. Mendukung

a. Cukup

v

b. Kerjasama antar perpustakaan

b. Ada kerjasama

b. Tidak ada

v

c. Penambahan koleksi buku dari pihak luar

c. Ada dan memadai

c. Ada dan tidak memadai

v

Sasaran : Pembinaan Kesiswaan

FUNGSI DAN FAKTOR

KRITERIA KESIAPAN

KONDISI NYATA

TINGKAT KESIAPAN

FAKTOR

SIAP

TDK SIAP

A. FUNGSI PELATIHAN

1. Faktor Internal

a. Pemilihan/Penelusuran bakat siswa

a. Guru mampu memilih/ menelusuri siswa berbakat

a. Cukup mampu

v

b. Keragaman metode pelatihan

b. Bervariasi

b. Bervariasi

v

c. Perilaku siswa

c. Disiplin

c. Cukup

v

d. Hubungan guru dengan siswa

d. Akrab

d. Akrab

v

e. Penggunaan waktu pelatihan

e. Efektif

e. Kurang efektif

v

2. Faktor Eksternal

a. Kesiapan siswa menerima pelatihan

a. Siswa siap menerima

a. Cukup

v

b. Dukungan orangtua utk memotivasi pelatihan siswa

b. Tinggi

b. Cukup

v

c. Lingkungan sosial sekolah

c. Kondusif

c. Kondusif

v

d. Lingkungan fisik sekolah

d. Nyaman/tenang

d. Nyaman/tenang

v

B. FAKTOR PENDUKUNG PELATIHAN

KETENAGAAN/PELATIH

1. Faktor Internal

a. Jumlah Guru Pelatih

a. Memadai

a. Memadai

v

b. Kualitas Guru Pelatih

b. Pendidikan minimal S1

b. Pendidikan minimal S1

v

c. Kesesuaian keterampilan pelatih dengan bahan pelatihan

a. Memadai

a. Memadai

v

2. Faktor Eksternal

a. Pengalaman pelatih

a. Berpengalaman > 5 tahun

a. Berpengalaman > 5 tahun

v

b. Kesiapan melatih

b. Siap

b. Siap

v

c. Fasilitas pengembangan diri pelatih

c. Tersedia

c. kurang Tersedia

v

C. FUNGSI PENDUKUNG PELATIHAN

SARANA/PRASARANA

1. Faktor Internal

a. Lapangan Olahraga

a. Ada dan memadai

a. Ada dan memadai

v

b. Peralatan Olahraga

b. Ada dan memadai

b. Ada dan memadai

v

c. Peralatan KIR

c. Ada dan memadai

c. Ada/kurang memadai

v

d. Peralatan PMR

d. Ada dan memadai

d. Ada/kurang memadai

V

e. Peralatan Pramuka

e. Ada dan memadai

e. Ada dan memadai

v

f. Peralatan Seni

f. Ada dan memadai

f. Ada dan memadai

v

g. Ruang Keterampilan

g. Ada dan memadai

g. Tidak ada

v

2. Faktor Eksternal

a. Dukungan orangtua utk melengkapi sarana/prasarana pelatihan

a. Mendukung

a. Cukup

v

b. Kerjasama dengan pihak luar

b. Ada kerjasama

b. Ada kerjasama

v

c. Even Perlombaan

c. Ada even perlombaan

c. Ada even perlombaan

v

Sasaran : Pengembangan Fasilitas/Sarana Prasarana

FUNGSI DAN FAKTOR

KRITERIA KESIAPAN

KONDISI NYATA

TINGKAT KESIAPAN

FAKTOR

SIAP

TDK SIAP

A. FUNGSI

PENGEMBANGAN

1. Faktor Internal

a. Jumlah RKB

a. Sesuai dengan Ratio Rombel

a. Tidak sesuai (Kurang)

v

b. Jumlah Ruang Laboratorium

b. Jumlah Ruang Laboratorium

b. Tidak sesuai (Kurang

v

c. Jumlah Ruang Keterampilan

c. Sesuai dengan jumlah keterampilan yang di ekstrakurikulerkan

c. Tidak ada

v

d. Jumlah Ruang Perpustakaan

d. Ada dan Memadai

d. Cukup

v

e. Fasilitas sarana/prasarana

Lainnya

e. Ada dan Memadai

e. Memadai

v

2. Faktor Eksternal

a. Jumlah calon siswa baru

a. Cukup/melebihi kapasi - tas daya tampung

a. Cukup dan melebihi kapasitas daya tampung

v

b. Minat belajar/praktikum dan

pelatihan siswa

b. Tinggi

b. Tinggi

v

c. Motivasi orangtua terhadap

peningkatan aakademik dan

non akademik siswa

c. Tinggi

c. Tinggi

v

B. FUNGSI PENDUKUNG :

KETENAGAAN

1. Faktor Internal

a. Jumlah guru

a. Memadai dengan ratio

a. Tidak sepenuhnya

memadai.

v

b. Kualitas guru

b. Pendidikan minimal S1

a. 99 % guru pend. S1

v

c. Kesesuaian guru mengajar dengan latar belakang pendidikannya

c. 100 % sesuai

c. 90 % sesuai

v

d. Jumlah beban mengajar guru

d. Rata-rata 20 jampel.

d. Rata-rata 24 jampel

v

2. Faktor Eksternal

a. Pengalaman mengajar dari guru

a. Rata-rata berpengalaman

mengajar > 5 tahun

a. Berpengalaman mengajar > 5 tahun

v

b. Kesiapan mengajar guru

a. Memadai

b. Memadai

v

c. Fasilitas pengembangan diri

c. Tersedia

c. Tersedia

v

C. FUNGSI PENDUKUNG :

KETERSEDIAAN LOKASI

1. Faktor Internal

a. Luas lahan sekolah

a. Luas dan memadai

a. Luas (2 Ha)

v

b. Penataan sarana/prasarana

b. Tertata rapi

b. Tertata rapi

v

2. Faktor Eksternal

a. Lingkungan Sekolah

a. Kondusif

a. Kondusif

v

b. Lingkungan Fisik sekolah

b. Nyaman/Tenang

b. Nyaman/Tenang

v

Sasaran : Pengembangan Ketenagaan/Personalia

FUNGSI DAN FAKTOR

KRITERIA KESIAPAN

KONDISI NYATA

TINGKAT KESIAPAN

FAKTOR

SIAP

TDK SIAP

A. FUNGSI KETERSEDIAAN

1. Faktor Internal

a. Jumlah guru/Personalia

a. Memadai dengan ratio

a. Tidak sepenuhnya

memadai.

v

b. Kualitas guru/Personalia

b. Pendidikan minimal S1/

a. 99 % guru pend. S1/

v

c. Kesesuaian guru mengajar dengan latar belakang pendidikannya

c. 100 % sesuai

c. 90 % sesuai

v

d. Jumlah beban mengajar guru

d. Rata-rata 20 jampel.

d. Rata-rata 24 jampel

v

2. Faktor Eksternal

a. Pengalaman mengajar/bekerja dari guru dan personalia

a. Rata-rata berpengalaman > 5 tahun

a. Berpengalaman > 5 tahun

v

b. Kesiapan mengajar/kerja guru/person

b. Memadai

b. Memadai

v

c. Fasilitas pengembangan diri

c. Tersedia

c.Kurang tersedia

v

B. FUNGSI PENDUKUNG :

PEMBERDAYAAN

KETENAGAAN

1. Faktor Internal

a. Kesiapan menerima perubahan

a. Siap dan merespon

a. Siap dan merespon

v

b. Kerjasama

b. Harmonis

b. cukup

v

2. Faktor Eksternal

a. Pengalaman mengajar dari guru

a. Rata-rata berpengalaman mengajar > 5 tahun

a. Berpengalaman mengajar > 5 tahun

v

b. Kesiapan mengajar guru

b. Memadai

b. Memadai

v

c. Fasilitas pengembangan diri

c. Tersedia

c.kurang tersedia

v

C. FUNGSI PENDUKUNG :

KESEJAHTERAAN

1. Faktor Internal

a. Usaha-usaha peningkatan kesejahteraan ketenagaan

a. Ada dan memadai

a. Cukup

v

2. Faktor Eksternal

a. Dukungan orangtua/masyarakat utk peningkatan kesejahteraan Ketenagaan

b. Ada dan memadai

b. Ada/tidak memadai

v

Sasaran : Aspek Lain-Lain

FUNGSI DAN FAKTOR

KRITERIA KESIAPAN

KONDISI NYATA

TINGKAT KESIAPAN

FAKTOR

SIAP

TDK SIAP

A. FUNGSI PENGEMBANGAN :

PELATIHAN KETERAMPILAN KOMPUTER

1. Faktor Internal

a. Motivasi penambahan keterampilan

a. Tinggi

a. Tinggi

v

komputer siswa

b. Motivasi penambahan keterampilan komputer guru

b. Tinggi

b. Tinggi

v

2. Faktor Eksternal

a. Dorongan pelayanan masyarakat dengan sistim komputerisasi

a. Tinggi

a. Tidak terlayani

v

b. Dorongan orangtua siswa untuk menambah keterampilan computer Siswa

b. Tinggi

b. Cukup

v

2. FUNGSI PENDUKUNG :

KETERSEDIAAN SARANA / PRASARANA KOMPUTER

1. Faktor Internal

a. Ketersediaan sarana computer

a. Ada dan memadai

a. Ada dan tidak memadai

v

b. Ketersediaan ruang computer

b. Ada dan memadai

b. Ada

v

c. Ketersediaan Instruktur

c. Ada dan mampu

c. Ada dan mampu

v

2. Faktor Eksternal

a. Kerjasama dengan pihak luar

a. Ada kerjasama

a. Tidak ada

v

b. Bantuan dari pihak orangtua siswa dalam pengadaan sarana komputer

b. Ada dan memadai

b. Ada dan tidak memadai

v

c. Bantuan dari pihak orangtua siswa dalam pengadaan ruang komputer

c. Ada dan memadai

c. Belum ada

v

AGENDA SCHOOL REFORM

PROGRAM KERJA SMA NEGERI 1 SIDOMULYO TP. 2009/2010

AGENDA SCHOOL REFORM SERTA SASARAN YANG AKAN DICAPAI

LEVEL : Regulator/Kelas

NO

AGENDA

NO

SASARAN YANG AKAN DICAPAI

NO

SASARAN YANG AKAN DICAPAI


REFORMASI


DALAM WAKTU 4 TAHUN


PADA TP. 2009/2010


Mewujudkan Proses Pembelajaran yang Efektif

1.1.

Belajar dengan inquiry / discovery

1,1

Mengidentifikasi potensi dasar siswa



1.2.

Belajar dengan cara diskusi

1,2

Mengidentifikasi mareri dasar dan pengembangan



1,3

Belajar dengan learning to learn

1,3

Menciptakan suasana pembelajaran



1,4

Belajar dengan learning by doing

1,4

Menciptakan motivasi belajar yang tinggi



1,5

Belajar dengan pemberian reward dan punishment

1,5

Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode variatif dan media komunikasi pembelajaran audio - visual



1,6

Peningkatan komitmen pada siswa belajar





1,7

Reorientasi proses pembelajaran untuk peningkatan life skill





1,8

Penggunaan multi media sebagai sumber belajar





1,9

Peningkatan daya baca siswa





1,1

Sinergi kelompok dalam belajar



2

Menerapkan sistem evaluasi yang efektif dan melakukan perbaikan se cara berkelanjutan

2,1

Penyusunan soal sesuai dengan pedoman secara benar

2,1

Menyusun rencana evaluasi yang valid dan reliabel



2,2

Penerapan evaluasi secara teratur

2,2

Mengefektifkan evaluasi proses pembelajaran



2,3

Pemberian nilai secara objektif dan terbuka

2,3

Melaksanakan analisis hasil evaluasi



2,4

Umpan balik hasil tes untuk remedial

2,4

Menyelenggarakan penyusunan program perbaikan dan pengayaan



2,5

Umpan balik hasil tes untuk penyempurnaan pembelajaran

2,5

Mengukur daya serap siswa



2,6

Memberikan reward bagi yang berhasil





2,7

Pemberdayaan evaluasi sebagai alat evaluasi belajar





2,8

Pembentukan standar keberhasilan sesuai dengan






kondisi sekolah





2,9

Administrasi penilaian yang tertata rapi





2.1'0

Mengkomunikasikan hasil evaluasi kepada



PROGRAM KERJA SMA NEGERI 1 SIDOMULYO TP. 2009/2010

AGENDA SCHOOL REFORM SERTA SASARAN YANG AKAN DICAPAI

LEVEL : Mediator/Profesi

NO

AGENDA

NO

SASARAN YANG AKAN DICAPAI DALAM

NO

SASARAN YANG AKAN DICAPAI


REFORMASI


WAKTU 4 TAHUN


PADA TP. 2009/2010

3

Melakukan refleksi diri kearah pembentukan karakter kepemimpinan sekolah kuat

3,1

Melakukan pengambil keputusan kolektif

3,1

Efektifitas kepemimpinan kepala sekolah mampu memberikan pengaruh yang positif atas kinerja seluruh personal karena yang baik



3,2

Kepemimpinan fasilitas

3,2

Terbuka menerima masukan ke arah positif



3,3

Kepemimpinan demokratif

3,3

Pengambilan keputusan melalui musyawarah dan demokratis



3,4

Pengembangan kepemimpinan guru

3,4

Bersama komponen lain menjadi figur teladan lantaran iman dan taqwa sehingga terbiasa dalam segala aspek keseharian yang nyaris tanpa adanya dikotomi



3,5

Peningkatan kemampuan dalam mengambil keputusan





3,6

Peningkatan kemampuan profesional Kepala Sekolah





3,7

Kepala sekolah dan guru sebagai figur teladan





3,8

Kepemimpinan bersih dan transparan









4

Melaksanakan pengembangan staff yang kompeten dan berdedikasi tinggi

4,1

Penataan pembagian tugas yang jelas

4,1

Mereposisi staf sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan tugas - tugas



4,2

Meningkatkan kopetensi staff melalui pelatihan

4,2

Memberikan keleluasaan berinisiatif dan berinofatif dalam tugas kepada para staf dan komponen sekolah dalam menyelesaikan masalah



4,3

Meningkatkan kemampuan profesionalisme

4,3

Menganalisis materi esensial yang terintegrasi dalam menyusun silabus



4,4

Meningkatkan pemahaman guru tentang materi esensial

4,4

Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan hal lain secara komprehe sif melaluirapat dinas secara berkala



4,5

Melaksanakan rapat evaluasi pelaksanaan tugas yang melibatkan seluruh staff



PROGRAM KERJA SMA NEGERI 1 SIDOMULYO TP. 2009/2010

AGENDA SCHOOL REFORM SERTA SASARAN YANG AKAN DICAPAI

LEVEL : Manajemen/Sekolah

NO

AGENDA

NO

SASARAN YANG AKAN DICAPAI DALAM

NO

SASARAN YANG AKAN DICAPAI


REFORMASI


WAKTU 4 TAHUN


PADA TP. 2009/2010

5

Menumbuhkan

5,1

Menumbuhkan kemandirian dalam penentuan program sekolah

5,1

Membuat perencanaan sekolah secara terpadu dengan melibatkan unsur-unsur steak holder.


Komitmen untuk Mandiri

5,2

Menumbuhkan kemandirian dalam pendanaan program sekolah

5,2

Menumbuhkan budaya demokrasi di sekolah.



5,3

Melaksanakan tugas sesuai dengan keahlian

5,3

Menumbuhkan budaya transparasi di semua sektor.



5,4

Menambah wawasan pengetahuan sesuai dengan keahlian

5,4

Menumbuhkembangkan budaya standar mutu dalam melaksanakan tugas



5,5

Menumbuhkan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas





5,6

Melaksanakan tugas tanpa menunggu petunjuk dan perintah


.



5,7

Meningkatkan partisipasi guru dalam melasanakan kebijaksanaan sekolah



6

Mengutamakan

6,1

Melaksanakan proses pembelajaran yang efektif dan efesien sesuai jadwal

6,1

Menyusun perencanaan kegiatan belajar secara terpadu


kepuasan

6,2

Menyajikan pembelajaran yang ramah, menyenangkan, cepat dan efktif

6,2

Menciptakan suasana belajar yang kondusif, sehingga dapat diharapkan hasil belajar yang oftimal


pelanggan

6,3

Terbuka terhadap saran dan kritik

6,3

Meningkatkan pelayanan terhadap warga sekolah dan masyarakat


(customer

6,4

Beroriantasi pada peningkatan kualitas pelayanan

6,4

Menumbuhkembangkan jalinan silaturrahmi dengan warga sekolah, masyarakat, dan orang tua dalam rangka kepedulian akan penting peningkatan mutu pendidikan di SMU Negeri 1 Sidomulyo


satisfaction)

6,5

Memberikan kemudahan pada siswa agar dapat belajar efektif





6,6

Meningkata kepuasan masyarakat atas pelayanan sekolah melalui peningkatan prestasi siswa.



PROGRAM KERJA SMA NEGERI 1 SIDOMULYO TP. 2009/2010

AGENDA SCHOOL REFORM SERTA SASARAN YANG AKAN DICAPAI

LEVEL : Manajemen/Sekolah

NO

AGENDA

NO

SASARAN YANG AKAN DICAPAI DALAM

NO

SASARAN YANG AKAN DICAPAI


REFORMASI


WAKTU 4 TAHUN


PADA TP. 2009/2010

7

menumbuhkan sikap responsive dan antisipasi terhadap kebutuhan

7,1

Memberikan kepuasan kepada guru untuk menyampaikan hasil pikiran / gagasan untuk kemanjuan sekolah

7,1

Memberikan keleluasaan guru untuk meng ekpresikan gagasan-gagasannya.



7,2

Dapat mengantisipasi setiap perubahan/ tututan dimasa depan

7,2

Memberikan keleluasaan guru untuk -



7,3

Menyelesaikan masalah dengan tepat dan cepat

7,3

Jalan panjang menyiapkan siswa menuju pendewasaan diri, memahami jati diri, memiliki kecakapan berpikir rasional dan akademik, kecakapan vokasional dan berkepribadian atas dasar iman dan takwa



7,4

Penyusunan program di dahului dengan analisis kebutuhan siswa

7,4

Penyediaan berbagai sumber imformasi melalui buku-buku perpustakaan, VCD pem belajaran, media Massa cetak dsb.



7,5

Penyediaan bergai sumber informasi seperti internet, televisi, buku, koran, jurnal, mading, dls.

7,5

Memberi layanan bimbingan khusus kepada siswa yang bermasalah maupun yang berprestasi baik.

8

Menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan tertib

8,1

Menyusun tata tertib yang disepakati seluruh warga sekolah

8,1

Menggalakkan 8 K



8,2

Mengembangkan sekolah yang aman,bersih,tertib,indah, rindang,kekeluargaan,ber-keimtaqan dan garba iptek.

8,2

Menjadikan sekolah sebagai taman yang kondusif untuk mendulang prestasi



8,3

Menciptakan hubungan kerja yang harmonis.

8,3

Revitalisasi tatatertib sekolah



8,4

Melaksanakan tata tertib yang konsekuen

8,4

Lingkungan yang bersih mendukung kenyamanan belajar



8,5

Menciptakan kerjasama dengan masyarakat sekitar sekolah

8,5

Membudayakan menjaga kebersihan itu lebih mulia



8,6

Menunjuk petugas keamanan dan kebersihan sekolah

8,6

Pemagaran keliling tetapi tetap terjaga keindahannya

PROGRAM KERJA SMA NEGERI 1 SIDOMULYO TP. 2009/2010

AGENDA SCHOOL REFORM SERTA SASARAN YANG AKAN DICAPAI

LEVEL : Manajemen/Sekolah

NO

AGENDA

NO

SASARAN YANG AKAN DICAPAI DALAM

NO

SASARAN YANG AKAN DICAPAI



REFORMASI


WAKTU 4 TAHUN


PADA TP. 2009/2010


9

Menumbuhkan budaya mutu di lingkunaan sekolah

9,1

Memberi reward kepada guru, staf, dan siswa berprestasi

9,1

Pemberian penghargaan kepada siswa dan guru atas prestasi dan pengabdiannya




9,2

Memberdayakan MGMP tingkat sekolah

9,2

Menumbuhkan MGMP sekolah dan kabupaten




9,3

Mewajibkan warga sekolah untuk memberdayakan perpustakaan

9,3

Menumbuhkan budaya membaca melalui optimalisasi bahan pustaka




9,4

Meningkatkan kualitas kehidupan beragama

9,4

Membina kehidupan beragama, sehingga terbiasa dalam kehidupan sehari-hari




9,5

Memiliki target mutu yang tinggi




10

Menumbuhkan harapan Prestasi Tinggi

10,1

Bidang Akademik

a. Peningkatan kemampuan profesional guru

b. Penciptaan kondisi, belajar sebagai kebutuhan

c. Peningkatan kualitas proses pembelajaran

d. Dukungan orang tua dan masyarakat

e. Sistem evaluasi yang efektifdan efisien

10,1

Meningkatkan dan mempertahan prestasi belajar yang selama ini telah dimiliki sekolah baik tingkat kabupaten maupun propinsi




10,2

Bidang non-akademik

a. Mengadakan lomba cepat tepat dalam kegiatan class meeting

b. Melaksanakan jadwal rutin olahraga prestasi / seni

c. Mengikut sertakan siswa dalam lomba-lomba

10,2

Pemahaman agamis sehingga tercipta kondisi belajar adalah kebutuhan




103

Pengembangan Visi

a. Kepala sekolah memberi motifasi

b. Kepala sekolah memberi reward

c. Kepala sekolah memberi kepercayaan d. Kepala sekolah memberi kesempatan pengembangan diri

10,3

Pembinaan kegiatan ekstrakurikuler yang terarah, disibukkan dengan jam belajar tambahan , dan hal-hal lain yang positif sehingga diharapkan siswa terhindar dari jeratan miras dan obat terlarang , misalnya latihan olahraga terjadwal, praktikum, latihan LKIR,PMR,PASKIBRA,Beladiri, mabit, tindaklanjut pesantren kilat.






10,4

Mengikutkan siswa dalam kegiatan lomba akademik dan non-akademik






10,5

Kepala sekolah bersama seluruh civitas akademika membuka kesempatan seluasnya agar SMU N 1 SIDOMULYO berada dalam arah kompas kemajuan sehingga memberikan kontribusi sangat positif yang tidak dapat dinilai dengan alat tukar apapun


11

Menumbuhkan kemauan untuk berubah

11,1

Menumbuhkan kebiasaan melakukan perubahan

11,1

Melaksanakan studi banding agar membuka wawasan dan pengetahuan serta pengalaman baru bagi warga sekolah.




11,2

Memberi kesempatan dan peluang untuk berubah

11,2

Mengupayakan agar sekolah selalu mengalami perubahan ke arah yang positif diberbagai aspek, oleh karenanya penting adanya jalinan yang harmonis dengan berbagai pihak




11,3

Menjalin hubungan yang sinergis dengan orang tua dan masyarakat untuk mengadakan pembaharuan yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan

11,3

Kurikulum adalah benda mati yang abstrak,akan terasakan se makin abstrak manakala tidak disikapi dan disiasati secara arif dan bijak




11,4

Mengadakan studi banding ke lembaga yang lebih baik






11,5

Memberi kesempatan kepada guru mata pelajaran dan untuk mensiasati kurikulum




12

Mengembangkan komunikasi yang baik

12,1

Melakukan pertemuan dengan seluruh stake holders untuk membicarakan program sekolah

12,1

Pemahaman yang utuh dan satu bahasa atas seluruh program sekolah bagi warga sekolah tanpa terkecuali




12,2

Melakukan komunikasi secara tertulis atau lisan kepada orang tua dan masyarakat berkaitan dengan kepentingan sekolah

12,2

Komunikasi yang harmonis dalam bentuk dan media apapun demi kepentingan kemajuan sekolah




12,3

Bekerjasama antar seluruh stake holders dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah sesuai dengan fungsi masing-masing

12,3

Mengoptimalkan kegiatan MGMP tingkat sekolah dan Kabupaten, dan kegiatan lainnya baik pada tingkat yang sama maupun tingkat di atasnya





12,4

Membina komunikasi antar warga sekolah







12,5

Menyelenggarakan pertemuan rutin MGMP





13

Mewujudkan tim kerja yang kompak cerdas dan dinamis

13,1

Memilih anggota tim yang sesuai dengan kemampuannya

13,1

Pembinaan team work yang solid mutlak dilakukan untuk men yikapi berbagai aktifitas KSPBK yang berakar pada MPMBS yang intensitasnya relatif tinggi




13,2

Menyusun program kerja tim

13,2

Melengkapi tim kerja yang belum ada




13,3

Menentukan target yang hendak dicapai

13,3

Menyusun rencana dan jadwal kegiatan




13,4

Menyusun jadwal kerja

13,4

Akuntabilitas tim kepada sivitas akademika.




13,5

Akuntabilitas tim kepada warga sekolah dan stake holders




14

Melaksanakan keterbukaan transparan ) manajemen sekolah )

14,1

Melibatkan stake holders dalam menyusun program kerja sekolah

14,1

Program kerja sekolah disusun secara terbuka dan bersama-sama melibatkan unsur warga sekolah, komite, dan unsur lain



14,2

Melibatkan warga sekolah dalam melaksanakan program

14,2

Program kerja sekolah dipahami secara menyeluruh oleh seluruh warga sekolah dan pelaksana serta penanggung jawab program



14,3

Menumbuhkan sistem dan iklim demokratis di sekolah

14,3

Pembinaan pribadi yang unggul lebih utama agar kegiatan di laksanakan dengan jujur sehingga menjadi sempurna manakala dilengkapi waskat.



14,4

Memfungsikan pengawasan melekat ( Waskat )





14,5

Secara rutin memberikan informasi kepada stake holders



15

Menetapkan secara jelas serta me wujudkan visi dan misi sekolah

15,1

Merumuskan visi dan misi yang terukur dengan warga sekolah

15,1

Rumusan visi dan misi yang jelas sehingga mudah diukur dan secara berkala dievaluasi



15,2

Mensosialisasikan visi dan misi sekolah kepada stake holders

15,2

Sosialisasi visi dan misi kepada stake holders



15,3

Menentukan tujuan untuk mewujudkan visi dan misi sekolah

15,3

Penyusunan program dalam bentuk proposal untuk mendapatkan pembiayaan dari unsur terkait.

PROGRAM KERJA SMA NEGERI 1 SIDOMULYO TP. 2009/2010

AGENDA SCHOOL REFORM SERTA SASARAN YANG AKAN DICAPAI

LEVEL : Manajemen/Sekolah

NO

AGENDA

NO

SASARAN YANG AKAN DICAPAI DALAM

NO

SASARAN YANG AKAN DICAPAI


REFORMASI


WAKTU 4 TAHUN


PADA TP. 2009/2010

16

Melaksanakan pengolahan tenaga kependidikan secara efektif

16,1

Menganalisis kebutuhan

16,1

Menganalisis dan menyusun rencana kebutuhan guru dan siswa dalam kegiatan belajar



16,2

Merencanakan kebutuhan

16,2

Evaluasi untuk perbaikan kinerja tenaga kependidikan



16,3

Mengembangkan tenaga kependidikan

16,3

Memberi penghargaan kepada tenaga kependidikan dan tenaga administrasi



16,4

Mengevaluasi kinerja tenaga kependidikan

16,4

Pembagian tugas yang signifikan sehingga menjadi team work yang solid



16,5

Hubungan kerja yang baik imbal jasa

16,5

Meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh warga sekolah , guru, tata usaha, pesuruh, penjaga keamanan



16,6

Membagi habis tugas sesuai dengan Bidangnya





16,7

Meningkatkan kemampuan personal yang profesional





16,8

Memberikan penghargaan kepada tenaga kependidikan



17

Melaksanakan pengelolaan sumber belajar secara efektif

17,1

Meningkatkan perpustakaan menjadi pusat pembelajaran

17,1

Melengkapi, memelihara dan optmalisasi pemberdayaan sarana dan prasarana perpustakaan dengan adanya audio-visual dan koleksi bahan pustaka



17,2

Membudayakan siswa dan guru memanfaatkan pusat sumber belajar

17,2

Penyediaan jam layanan pustaka





17,3

Membudayakan optimalisasi sumber-sumber belajar.laboratorium dan perpustakaan, oleh karenanya penting adanya standarisasi



17,3

Menambah jam pelayanan pusat pembelajaran





17,4

Melengkapi fasilitas pusat pembelajaran sesuai dengan pembelajaran sesuai dengan perkembangan iptek





17,5

Memberdayakan pengolahan pusat pembelajaran secara Optimal



18

Melaksanakan pengelolaan kegiatan kesiswaan secara optimal

18,1

Menyusun program dan jadwal akstra kurikuler

18,1

Revisi dan revitalisai program kegiatan ekstra kurikuler



18,2

Melaksanaklan program ekstra kurikuler

18,2

Pengisian angket ekstra kurikuler



18,3

Menjaring peserta ekstra kurikuler sesuai dengan bakat dan minat

18,3

Eksplorasi ekstra kurikuler yang menarik minat, dan mengarah pada ekstra kurikuler unggulan sesuai dengan wawasan khusus yang


Komite Sekolah

Ketua,

Ir. Hi. SUMARGO

Sidomulyo,

Kepala Sekolah

HIDAYATULLAH, S.Pd

Pembina

NIP. 19620730 198503 1 002