About Me
- sman1 sidomulyo
- SMAN 1 SIDOMULYO LAMPUNG SELATAN MERUPAKAN SATU - SATUNYA SMA NEGERI YANG ADA DI SIDOMULYO
Rabu, 10 Maret 2010
PROFIL SMA N 1 SIDOMULYO
I. IDENTITAS SEKOLAH
SMA : SMA NEGERI 1 SIDOMULYO
NSS : 301120115075
NIS : 300050
DIK : 53655
SK. PENDIRIAN : MENDIKBUD RI No. 0363/0/1991; 20 JUNI 1991
ALAMAT
JALAN : JL. MURIA No. 101
DESA/KELURAHAN : SELORETNO
KECAMATAN : SIDOMULYO
KABUPATEN : LAMPUNG SELATAN
PROPINSI : LAMPUNG
Telepon : (0721) 7693182-7693183
e-mail : sman1sidomulyo@yahoo.co.id.
www.sman1sidomulyo.sch.id
ANALISIS SWOT
Sasaran : Peningkatan Manajemen Sekolah
FUNGSI DAN FAKTOR | KRITERIA KESIAPAN | KONDISI NYATA | TINGKAT KESIAPAN | FAKTOR |
| | | SIAP | TDK SIAP |
A. FUNGSI KEGIATAN | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Perberdayaan warga sekolah | a. Mampu memberdayakan warga sekolah | a. Cukup mampu | v | |
b. Keragaman Metode Sosialisasi | b. Bervariasi | b. Cukup bervariasi | V | |
c. Perilaku warga sekolah | c. Disiplin dan tertib | c. Cukup disiplin/tertib | V | |
d. Hubungan warga sekolah | d. Akrab | d. Akrab | V | |
. e. Penggunaan waktu | e. Efektif | e. Kurang efektif | | v |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Kesiapan warga sekolah untuk merespon sosialisasi | a. Siap merespon | a. Siap merespon | v | |
b. Dukungan pihak luar. | b. Tinggi | b. Cukup | v | |
c. Lingkungan sosial sekolah | c. Kondusif | c. Kondusif | v | |
d. Lingkungan fisik sekolah | d. Nyaman/tenang | d. Nyaman/tenang | v | |
B. FUNGSI PENDUKUNG : KETENAGAAN | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Jumlah guru | a. Memadai dengan ratio | a. Tidak sepenuhnya memadai. | v | |
b. Kualitas guru | b. Pendidikan minimal S1 | b. 99 % guru pend. S1 | v | |
c. Kesesuaian guru mengajar dengan latar belakang pendidikannya | c. 100 % sesuai | c. 90 % sesuai | v | |
d. Jumlah beban mengajar guru | d. Rata-rata 20 jampel. | d. Rata-rata 24 jampel | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Pengalaman mengajar dari guru | a. Rata-rata berpengalaman mengajar > 5 tahun | a. Berpengalaman mengajar > 5 tahun | v | |
b. Kesiapan mengajar guru | b. Memadai | b. Memadai | v | |
c. Fasilitas pengembangan diri | c. Tersedia | c. Tersedia | v | |
B. FUNGSI PENDUKUNG : SARANA/PRASARANA | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Materi penunjang | a. Cukup dan Lengkap | a. Kurang | | v |
b. Ruang pelaksanaan | b. Cukup, luas, bersih, rapih | b. Tidak cukup | | v |
c. Pengelola Kegiatan | c. Cukup dan mampu | c. Kurang | | v |
d. Dana pengembangan kegiatan | d. Tersedia dan cukup | d. tidak cukup | | v |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Dukungan pihak luar utk melengkapi sarana/prasarana | a. Mendukung | a. Tidak sepenuhnya | | v |
b. Kerjasama dengan pihak luar tentang pelaksanaan KSPBK. | b. | b. Belum ada | | v |
c. Kesesuaian buku-buku penunjang KSPBK. | c. Sesuai | c. belum sepenuhnya sesuai | | v |
Sasaran : Pengembangan Kurikulum dan Sistem Pengujian
FUNGSI DAN FAKTOR | KRITERIA KESIAPAN | KONDISI NYATA | TINGKAT KESIAPAN | FAKTOR |
| | | SIAP | TDK SIAP |
A. FUNGSI PEMBELAJARAN | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Pemberdayaan siswa | a. Guru mampu memberdayakan siswa | a. Cukup mampu | v | |
b. Keberagaman metode mengajar | b. Bervariasi | b. cukup Bervariasi | v | |
c. Perilaku siswa | c. Displin dan tertib | c. Kurang Displin dan tertib | | v |
d. Hubungan guru dengan siswa | d. Akrab | d. Akrab | v | |
e. Penggunaan waktu belajar | e. Efektif | e. Kurang Efektif | | v |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Kesiapan siswa menerima pelajaran | a. Siswa siap menerima | a. Cukup | v | |
b. Dukungan orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa | b. Tinggi | b. Cukup | v | |
c. Lingkungan sosial sekolah | c. Kondusif | c. Kondusif | v | |
d. Lingkungan fisik sekolah | d. Nyaman/tenang | d. Nyaman/tenang | v | |
B. FUNGSI PENDUKUNG PBM : KETENAGAAN | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Jumlah guru | a. Memadai dengan ratio | a. Tidak sepenuhnya memadai. | v | |
b. Kualitas guru | b. Pendidikan minimal S1 | a. 99 % guru pend. S1 | v | |
c. Kesesuaian guru mengajar dengan latar belakang pendidikannya | c. 100 % sesuai | c. 90 % sesuai | v | |
d. Jumlah beban mengajar guru | d. Rata-rata 20 jampel. | d. Rata-rata 24jampel. | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Pengalaman mengajar dari guru | a. Rata-rata berpengalaman mengajar > 5 tahun | a. berpengalaman mengajar > 5 tahun | v | |
b. Kesiapan mengajar guru | b. Memadai | b. Memadai | v | |
c. Fasilitas pengembangan diri | c. Tersedia | c. Tersedia | v | |
| | | | |
C. FUNGSI PENDUKUNG PBM : SARANA PERPUSTAKAAN | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Buku setiap mata pelajaran | a. Cukup dan lengkap | a. Kurang lengkap | | v |
b. Jumlah buku penunjang | b. Cukup dan lengkap | b. Kurang lengkap | | v |
c. Jumlah lemari dan rak buku | c. Cukup | c. Kurang | | v |
d. Ruang perpustakaan | d. | d. Ada dan kurang luas | v | |
e. Pengelola perpustakaan | e. | c. Tidak Pustakawan | | v |
f. Dana Pengembangan Perpustakaan | f. Tersedia dan cukup | f. Tersedia dan tidak cukup | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Dukungan orangtua untuk melengkapi perpustakaan | a. Mendukung | a. Cukup | v | |
b. Kerjasama antar perpustakaan | b. | b. Tidak ada | | v |
c. Penambahan koleksi buku dari pihak luar | c. Ada dan memadai | c. Ada dan tidak memadai | v | |
Sasaran : Pembinaan Kesiswaan
FUNGSI DAN FAKTOR | KRITERIA KESIAPAN | KONDISI NYATA | TINGKAT KESIAPAN | FAKTOR |
| | | SIAP | TDK SIAP |
A. FUNGSI PELATIHAN 1. Faktor Internal | | | | |
a. Pemilihan/Penelusuran bakat siswa | a. Guru mampu memilih/ menelusuri siswa berbakat | a. Cukup mampu | v | |
b. Keragaman metode pelatihan | b. Bervariasi | b. Bervariasi | v | |
c. Perilaku siswa | c. Disiplin | c. Cukup | v | |
d. Hubungan guru dengan siswa | d. Akrab | d. Akrab | v | |
e. Penggunaan waktu pelatihan | e. Efektif | e. Kurang efektif | | v |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Kesiapan siswa menerima pelatihan | a. Siswa siap menerima | a. Cukup | v | |
b. Dukungan orangtua utk memotivasi pelatihan siswa | b. Tinggi | b. Cukup | v | |
c. Lingkungan sosial sekolah | c. Kondusif | c. Kondusif | v | |
d. Lingkungan fisik sekolah | d. Nyaman/tenang | d. Nyaman/tenang | v | |
| | | | |
B. FAKTOR PENDUKUNG PELATIHAN KETENAGAAN/PELATIH | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Jumlah Guru Pelatih | a. Memadai | a. Memadai | v | |
b. Kualitas Guru Pelatih | b. Pendidikan minimal S1 | b. Pendidikan minimal S1 | v | |
c. Kesesuaian keterampilan pelatih dengan bahan pelatihan | a. Memadai | a. Memadai | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Pengalaman pelatih | a. Berpengalaman > 5 tahun | a. Berpengalaman > 5 tahun | v | |
b. Kesiapan melatih | b. Siap | b. Siap | v | |
c. Fasilitas pengembangan diri pelatih | c. Tersedia | c. kurang Tersedia | | v |
C. FUNGSI PENDUKUNG PELATIHAN SARANA/PRASARANA | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Lapangan Olahraga | a. | a. | v | |
b. Peralatan Olahraga | b. | b. | v | |
c. Peralatan KIR | c. | c. Ada/kurang memadai | | v |
d. Peralatan PMR | d. | d. Ada/kurang memadai | | V |
e. Peralatan Pramuka | e. | e. | v | |
f. Peralatan Seni | f. | f. | v | |
g. Ruang Keterampilan | g. | g. Tidak ada | | v |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Dukungan orangtua utk melengkapi sarana/prasarana pelatihan | a. Mendukung | a. Cukup | v | |
b. Kerjasama dengan pihak luar | b. | b. | v | |
c. Even Perlombaan | c. | c. | v | |
Sasaran : Pengembangan Fasilitas/Sarana Prasarana
FUNGSI DAN FAKTOR | KRITERIA KESIAPAN | KONDISI NYATA | TINGKAT KESIAPAN | FAKTOR |
| | | SIAP | TDK SIAP |
A. FUNGSI PENGEMBANGAN | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Jumlah RKB | a. Sesuai dengan Ratio Rombel | a. Tidak sesuai (Kurang) | v | |
b. Jumlah Ruang Laboratorium | b. Jumlah Ruang Laboratorium | b. Tidak sesuai (Kurang | | v |
c. Jumlah Ruang Keterampilan | c. Sesuai dengan jumlah keterampilan yang di ekstrakurikulerkan | c. Tidak ada | | v |
d. Jumlah Ruang Perpustakaan | d. | d. Cukup | v | |
e. Fasilitas sarana/prasarana Lainnya | e. | e. Memadai | v | |
| | | | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Jumlah calon siswa baru | a. Cukup/melebihi kapasi - tas daya tampung | a. Cukup dan melebihi kapasitas daya tampung | v | |
b. Minat belajar/praktikum dan pelatihan siswa | b. Tinggi | b. Tinggi | v | |
c. Motivasi orangtua terhadap peningkatan aakademik dan non akademik siswa | c. Tinggi | c. Tinggi | v | |
B. FUNGSI PENDUKUNG : KETENAGAAN | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Jumlah guru | a. Memadai dengan ratio | a. Tidak sepenuhnya memadai. | v | |
b. Kualitas guru | b. Pendidikan minimal S1 | a. 99 % guru pend. S1 | v | |
c. Kesesuaian guru mengajar dengan latar belakang pendidikannya | c. 100 % sesuai | c. 90 % sesuai | v | |
d. Jumlah beban mengajar guru | d. Rata-rata 20 jampel. | d. Rata-rata 24 jampel | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Pengalaman mengajar dari guru | a. Rata-rata berpengalaman mengajar > 5 tahun | a. Berpengalaman mengajar > 5 tahun | v | |
b. Kesiapan mengajar guru | a. Memadai | b. Memadai | v | |
c. Fasilitas pengembangan diri | c. Tersedia | c. Tersedia | v | |
| | | | |
C. FUNGSI PENDUKUNG : KETERSEDIAAN LOKASI | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Luas lahan sekolah | a. Luas dan memadai | a. Luas (2 Ha) | v | |
b. Penataan sarana/prasarana | b. Tertata rapi | b. Tertata rapi | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Lingkungan Sekolah | a. Kondusif | a. Kondusif | v | |
b. Lingkungan Fisik sekolah | b. Nyaman/Tenang | b. Nyaman/Tenang | v | |
| | | | |
Sasaran : Pengembangan Ketenagaan/Personalia
FUNGSI DAN FAKTOR | KRITERIA KESIAPAN | KONDISI NYATA | TINGKAT KESIAPAN | FAKTOR |
| | | SIAP | TDK SIAP |
A. FUNGSI KETERSEDIAAN | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Jumlah guru/Personalia | a. Memadai dengan ratio | a. Tidak sepenuhnya memadai. | v | |
b. Kualitas guru/Personalia | b. Pendidikan minimal S1/ | a. 99 % guru pend. S1/ | v | |
c. Kesesuaian guru mengajar dengan latar belakang pendidikannya | c. 100 % sesuai | c. 90 % sesuai | v | |
d. Jumlah beban mengajar guru | d. Rata-rata 20 jampel. | d. Rata-rata 24 jampel | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Pengalaman mengajar/bekerja dari guru dan personalia | a. Rata-rata berpengalaman > 5 tahun | a. Berpengalaman > 5 tahun | v | |
b. Kesiapan mengajar/kerja guru/person | b. Memadai | b. Memadai | v | |
c. Fasilitas pengembangan diri | c. Tersedia | c.Kurang tersedia | v | |
B. FUNGSI PENDUKUNG : PEMBERDAYAAN KETENAGAAN | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Kesiapan menerima perubahan | a. Siap dan merespon | a. Siap dan merespon | v | |
b. Kerjasama | b. Harmonis | b. cukup | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Pengalaman mengajar dari guru | a. Rata-rata berpengalaman mengajar > 5 tahun | a. Berpengalaman mengajar > 5 tahun | v | |
b. Kesiapan mengajar guru | b. Memadai | b. Memadai | v | |
c. Fasilitas pengembangan diri | c. Tersedia | c.kurang tersedia | v | |
C. FUNGSI PENDUKUNG : KESEJAHTERAAN | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Usaha-usaha peningkatan kesejahteraan ketenagaan | a. | a. Cukup | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Dukungan orangtua/masyarakat utk peningkatan kesejahteraan Ketenagaan | b. | b. Ada/tidak memadai | | v |
Sasaran : Aspek Lain-Lain
FUNGSI DAN FAKTOR | KRITERIA KESIAPAN | KONDISI NYATA | TINGKAT KESIAPAN | FAKTOR |
| | | SIAP | TDK SIAP |
A. FUNGSI PENGEMBANGAN : PELATIHAN KETERAMPILAN KOMPUTER | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Motivasi penambahan keterampilan | a. Tinggi | a. Tinggi | v | |
komputer siswa | | | | |
b. Motivasi penambahan keterampilan komputer guru | b. Tinggi | b. Tinggi | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Dorongan pelayanan masyarakat dengan sistim komputerisasi | a. Tinggi | a. Tidak terlayani | | v |
b. Dorongan orangtua siswa untuk menambah keterampilan computer Siswa | b. Tinggi | b. Cukup | v | |
2. FUNGSI PENDUKUNG : KETERSEDIAAN SARANA / PRASARANA KOMPUTER | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Ketersediaan sarana computer | a. | a. Ada dan tidak memadai | | v |
b. Ketersediaan ruang computer | b. | b. | v | |
c. Ketersediaan Instruktur | c. | c. | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Kerjasama dengan pihak luar | a. | a. Tidak ada | | v |
b. Bantuan dari pihak orangtua siswa dalam pengadaan sarana komputer | b. | b. Ada dan tidak memadai | | v |
c. Bantuan dari pihak orangtua siswa dalam pengadaan ruang komputer | c. | c. Belum ada | | v |
AGENDA SCHOOL REFORM
PROGRAM KERJA SMA NEGERI 1 SIDOMULYO TP. 2009/2010
LEVEL : Regulator/Kelas
NO | AGENDA | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI |
| REFORMASI | | DALAM WAKTU 4 TAHUN | | PADA TP. 2009/2010 |
| Mewujudkan Proses Pembelajaran yang Efektif | 1.1. | Belajar dengan inquiry / discovery | 1,1 | Mengidentifikasi potensi dasar siswa |
| | 1.2. | Belajar dengan cara diskusi | 1,2 | Mengidentifikasi mareri dasar dan pengembangan |
| | 1,3 | Belajar dengan learning to learn | 1,3 | Menciptakan suasana pembelajaran |
| | 1,4 | Belajar dengan learning by doing | 1,4 | Menciptakan motivasi belajar yang tinggi |
| | 1,5 | Belajar dengan pemberian reward dan punishment | 1,5 | Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode variatif dan media komunikasi pembelajaran audio - visual |
| | 1,6 | Peningkatan komitmen pada siswa belajar | | |
| | 1,7 | Reorientasi proses pembelajaran untuk peningkatan life skill | | |
| | 1,8 | Penggunaan multi media sebagai sumber belajar | | |
| | 1,9 | Peningkatan daya baca siswa | | |
| | 1,1 | Sinergi kelompok dalam belajar | | |
2 | Menerapkan sistem evaluasi yang efektif dan melakukan perbaikan se cara berkelanjutan | 2,1 | Penyusunan soal sesuai dengan pedoman secara benar | 2,1 | Menyusun rencana evaluasi yang valid dan reliabel |
| | 2,2 | Penerapan evaluasi secara teratur | 2,2 | Mengefektifkan evaluasi proses pembelajaran |
| | 2,3 | Pemberian nilai secara objektif dan terbuka | 2,3 | Melaksanakan analisis hasil evaluasi |
| | 2,4 | Umpan balik hasil tes untuk remedial | 2,4 | Menyelenggarakan penyusunan program perbaikan dan pengayaan |
| | 2,5 | Umpan balik hasil tes untuk penyempurnaan pembelajaran | 2,5 | Mengukur daya serap siswa |
| | 2,6 | Memberikan reward bagi yang berhasil | | |
| | 2,7 | Pemberdayaan evaluasi sebagai alat evaluasi belajar | | |
| | 2,8 | Pembentukan standar keberhasilan sesuai dengan | | |
| | | kondisi sekolah | | |
| | 2,9 | Administrasi penilaian yang tertata rapi | | |
| | 2.1'0 | Mengkomunikasikan hasil evaluasi kepada | | |
PROGRAM KERJA SMA NEGERI 1 SIDOMULYO TP. 2009/2010
LEVEL : Mediator/Profesi
NO | AGENDA | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI DALAM | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI |
| REFORMASI | | WAKTU 4 TAHUN | | PADA TP. 2009/2010 |
3 | Melakukan refleksi diri kearah pembentukan karakter kepemimpinan sekolah kuat | 3,1 | Melakukan pengambil keputusan kolektif | 3,1 | Efektifitas kepemimpinan kepala sekolah mampu memberikan pengaruh yang positif atas kinerja seluruh personal karena yang baik |
| | 3,2 | Kepemimpinan fasilitas | 3,2 | Terbuka menerima masukan ke arah positif |
| | 3,3 | Kepemimpinan demokratif | 3,3 | Pengambilan keputusan melalui musyawarah dan demokratis |
| | 3,4 | Pengembangan kepemimpinan guru | 3,4 | Bersama komponen lain menjadi figur teladan lantaran iman dan taqwa sehingga terbiasa dalam segala aspek keseharian yang nyaris tanpa adanya dikotomi |
| | 3,5 | Peningkatan kemampuan dalam mengambil keputusan | | |
| | 3,6 | Peningkatan kemampuan profesional Kepala Sekolah | | |
| | 3,7 | Kepala sekolah dan guru sebagai figur teladan | | |
| | 3,8 | Kepemimpinan bersih dan transparan | | |
| | | | | |
4 | Melaksanakan pengembangan staff yang kompeten dan berdedikasi tinggi | 4,1 | Penataan pembagian tugas yang jelas | 4,1 | Mereposisi staf sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan tugas - tugas |
| | 4,2 | Meningkatkan kopetensi staff melalui pelatihan | 4,2 | Memberikan keleluasaan berinisiatif dan berinofatif dalam tugas kepada para staf dan komponen sekolah dalam menyelesaikan masalah |
| | 4,3 | Meningkatkan kemampuan profesionalisme | 4,3 | Menganalisis materi esensial yang terintegrasi dalam menyusun silabus |
| | 4,4 | Meningkatkan pemahaman guru tentang materi esensial | 4,4 | Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan hal lain secara komprehe sif melaluirapat dinas secara berkala |
| | 4,5 | Melaksanakan rapat evaluasi pelaksanaan tugas yang melibatkan seluruh staff | | |
PROGRAM KERJA SMA NEGERI 1 SIDOMULYO TP. 2009/2010
LEVEL : Manajemen/Sekolah
NO | AGENDA | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI DALAM | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI |
| REFORMASI | | WAKTU 4 TAHUN | | PADA TP. 2009/2010 |
5 | Menumbuhkan | 5,1 | Menumbuhkan kemandirian dalam penentuan program sekolah | 5,1 | Membuat perencanaan sekolah secara terpadu dengan melibatkan unsur-unsur steak holder. |
| Komitmen untuk Mandiri | 5,2 | Menumbuhkan kemandirian dalam pendanaan program sekolah | 5,2 | Menumbuhkan budaya demokrasi di sekolah. |
| | 5,3 | Melaksanakan tugas sesuai dengan keahlian | 5,3 | Menumbuhkan budaya transparasi di semua sektor. |
| | 5,4 | Menambah wawasan pengetahuan sesuai dengan keahlian | 5,4 | Menumbuhkembangkan budaya standar mutu dalam melaksanakan tugas |
| | 5,5 | Menumbuhkan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas | | |
| | 5,6 | Melaksanakan tugas tanpa menunggu petunjuk dan perintah | | . |
| | 5,7 | Meningkatkan partisipasi guru dalam melasanakan kebijaksanaan sekolah | | |
6 | Mengutamakan | 6,1 | Melaksanakan proses pembelajaran yang efektif dan efesien sesuai jadwal | 6,1 | Menyusun perencanaan kegiatan belajar secara terpadu |
| kepuasan | 6,2 | Menyajikan pembelajaran yang ramah, menyenangkan, cepat dan efktif | 6,2 | Menciptakan suasana belajar yang kondusif, sehingga dapat diharapkan hasil belajar yang oftimal |
| pelanggan | 6,3 | Terbuka terhadap saran dan kritik | 6,3 | Meningkatkan pelayanan terhadap warga sekolah dan masyarakat |
| (customer | 6,4 | Beroriantasi pada peningkatan kualitas pelayanan | 6,4 | Menumbuhkembangkan jalinan silaturrahmi dengan warga sekolah, masyarakat, dan orang tua dalam rangka kepedulian akan penting peningkatan mutu pendidikan di SMU Negeri 1 Sidomulyo |
| satisfaction) | 6,5 | Memberikan kemudahan pada siswa agar dapat belajar efektif | | |
| | 6,6 | Meningkata kepuasan masyarakat atas pelayanan sekolah melalui peningkatan prestasi siswa. | | |
PROGRAM KERJA SMA NEGERI 1 SIDOMULYO TP. 2009/2010
LEVEL : Manajemen/Sekolah
NO | AGENDA | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI DALAM | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI |
| REFORMASI | | WAKTU 4 TAHUN | | PADA TP. 2009/2010 |
7 | menumbuhkan sikap responsive dan antisipasi terhadap kebutuhan | 7,1 | Memberikan kepuasan kepada guru untuk menyampaikan hasil pikiran / gagasan untuk kemanjuan sekolah | 7,1 | Memberikan keleluasaan guru untuk meng ekpresikan gagasan-gagasannya. |
| | 7,2 | Dapat mengantisipasi setiap perubahan/ tututan dimasa depan | 7,2 | Memberikan keleluasaan guru untuk - |
| | 7,3 | Menyelesaikan masalah dengan tepat dan cepat | 7,3 | Jalan panjang menyiapkan siswa menuju pendewasaan diri, memahami jati diri, memiliki kecakapan berpikir rasional dan akademik, kecakapan vokasional dan berkepribadian atas dasar iman dan takwa |
| | 7,4 | Penyusunan program di dahului dengan analisis kebutuhan siswa | 7,4 | Penyediaan berbagai sumber imformasi melalui buku-buku perpustakaan, VCD pem belajaran, media |
| | 7,5 | Penyediaan bergai sumber informasi seperti internet, televisi, buku, koran, jurnal, mading, dls. | 7,5 | Memberi layanan bimbingan khusus kepada siswa yang bermasalah maupun yang berprestasi baik. |
8 | Menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan tertib | 8,1 | Menyusun tata tertib yang disepakati seluruh warga sekolah | 8,1 | Menggalakkan 8 K |
| | 8,2 | Mengembangkan sekolah yang aman,bersih,tertib,indah, rindang,kekeluargaan,ber-keimtaqan dan garba iptek. | 8,2 | Menjadikan sekolah sebagai taman yang kondusif untuk mendulang prestasi |
| | 8,3 | Menciptakan hubungan kerja yang harmonis. | 8,3 | Revitalisasi tatatertib sekolah |
| | 8,4 | Melaksanakan tata tertib yang konsekuen | 8,4 | Lingkungan yang bersih mendukung kenyamanan belajar |
| | 8,5 | Menciptakan kerjasama dengan masyarakat sekitar sekolah | 8,5 | Membudayakan menjaga kebersihan itu lebih mulia |
| | 8,6 | Menunjuk petugas keamanan dan kebersihan sekolah | 8,6 | Pemagaran keliling tetapi tetap terjaga keindahannya |
PROGRAM KERJA SMA NEGERI 1 SIDOMULYO TP. 2009/2010
LEVEL : Manajemen/Sekolah
NO | AGENDA | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI DALAM | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI |
| |
| REFORMASI | | WAKTU 4 TAHUN | | PADA TP. 2009/2010 |
| |
9 | Menumbuhkan budaya mutu di lingkunaan sekolah | 9,1 | Memberi reward kepada guru, staf, dan siswa berprestasi | 9,1 | Pemberian penghargaan kepada siswa dan guru atas prestasi dan pengabdiannya |
| |
| | 9,2 | Memberdayakan MGMP tingkat sekolah | 9,2 | Menumbuhkan MGMP sekolah dan kabupaten |
| |
| | 9,3 | Mewajibkan warga sekolah untuk memberdayakan perpustakaan | 9,3 | Menumbuhkan budaya membaca melalui optimalisasi bahan pustaka |
| |
| | 9,4 | Meningkatkan kualitas kehidupan beragama | 9,4 | Membina kehidupan beragama, sehingga terbiasa dalam kehidupan sehari-hari |
| |
| | 9,5 | Memiliki target mutu yang tinggi | | |
| |
10 | Menumbuhkan harapan Prestasi Tinggi | 10,1 | Bidang Akademik a. Peningkatan kemampuan profesional guru b. Penciptaan kondisi, belajar sebagai kebutuhan c. Peningkatan kualitas proses pembelajaran d. Dukungan orang tua dan masyarakat e. Sistem evaluasi yang efektifdan efisien | 10,1 | Meningkatkan dan mempertahan prestasi belajar yang selama ini telah dimiliki sekolah baik tingkat kabupaten maupun propinsi |
| |
| | 10,2 | Bidang non-akademik a. Mengadakan lomba cepat tepat dalam kegiatan class meeting b. Melaksanakan jadwal rutin olahraga prestasi / seni c. Mengikut sertakan siswa dalam lomba-lomba | 10,2 | Pemahaman agamis sehingga tercipta kondisi belajar adalah kebutuhan |
| |
| | 103 | Pengembangan Visi a. Kepala sekolah memberi motifasi b. Kepala sekolah memberi reward c. Kepala sekolah memberi kepercayaan d. Kepala sekolah memberi kesempatan pengembangan diri | 10,3 | Pembinaan kegiatan ekstrakurikuler yang terarah, disibukkan dengan jam belajar tambahan , dan hal-hal lain yang positif sehingga diharapkan siswa terhindar dari jeratan miras dan obat terlarang , misalnya latihan olahraga terjadwal, praktikum, latihan LKIR,PMR,PASKIBRA,Beladiri, mabit, tindaklanjut pesantren kilat. |
| |
| | | | 10,4 | Mengikutkan siswa dalam kegiatan lomba akademik dan non-akademik |
| |
| | | | 10,5 | Kepala sekolah bersama seluruh civitas akademika membuka kesempatan seluasnya agar SMU N 1 SIDOMULYO berada dalam arah kompas kemajuan sehingga memberikan kontribusi sangat positif yang tidak dapat dinilai dengan alat tukar apapun |
| |
11 | Menumbuhkan kemauan untuk berubah | 11,1 | Menumbuhkan kebiasaan melakukan perubahan | 11,1 | Melaksanakan studi banding agar membuka wawasan dan pengetahuan serta pengalaman baru bagi warga sekolah. |
| |
| | 11,2 | Memberi kesempatan dan peluang untuk berubah | 11,2 | Mengupayakan agar sekolah selalu mengalami perubahan ke arah yang positif diberbagai aspek, oleh karenanya penting adanya jalinan yang harmonis dengan berbagai pihak |
| |
| | 11,3 | Menjalin hubungan yang sinergis dengan orang tua dan masyarakat untuk mengadakan pembaharuan yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan | 11,3 | Kurikulum adalah benda mati yang abstrak,akan terasakan se makin abstrak manakala tidak disikapi dan disiasati secara arif dan bijak |
| |
| | 11,4 | Mengadakan studi banding ke lembaga yang lebih baik | | |
| |
| | 11,5 | Memberi kesempatan kepada guru mata pelajaran dan untuk mensiasati kurikulum | | |
| |
12 | Mengembangkan komunikasi yang baik | 12,1 | Melakukan pertemuan dengan seluruh stake holders untuk membicarakan program sekolah | 12,1 | Pemahaman yang utuh dan satu bahasa atas seluruh program sekolah bagi warga sekolah tanpa terkecuali |
| |
| | 12,2 | Melakukan komunikasi secara tertulis atau lisan kepada orang tua dan masyarakat berkaitan dengan kepentingan sekolah | 12,2 | Komunikasi yang harmonis dalam bentuk dan media apapun demi kepentingan kemajuan sekolah |
| |
| | 12,3 | Bekerjasama antar seluruh stake holders dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah sesuai dengan fungsi masing-masing | 12,3 | Mengoptimalkan kegiatan MGMP tingkat sekolah dan Kabupaten, dan kegiatan lainnya baik pada tingkat yang sama maupun tingkat di atasnya | | |
| | 12,4 | Membina komunikasi antar warga sekolah | | | | |
| | 12,5 | Menyelenggarakan pertemuan rutin MGMP | | | | |
13 | Mewujudkan tim kerja yang kompak cerdas dan dinamis | 13,1 | Memilih anggota tim yang sesuai dengan kemampuannya | 13,1 | Pembinaan team work yang solid mutlak dilakukan untuk men yikapi berbagai aktifitas KSPBK yang berakar pada MPMBS yang intensitasnya relatif tinggi |
| |
| | 13,2 | Menyusun program kerja tim | 13,2 | Melengkapi tim kerja yang belum ada |
| |
| | 13,3 | Menentukan target yang hendak dicapai | 13,3 | Menyusun rencana dan jadwal kegiatan |
| |
| | 13,4 | Menyusun jadwal kerja | 13,4 | Akuntabilitas tim kepada sivitas akademika. |
| |
| | 13,5 | Akuntabilitas tim kepada warga sekolah dan stake holders | | |
|
14 | Melaksanakan keterbukaan transparan ) manajemen sekolah ) | 14,1 | Melibatkan stake holders dalam menyusun program kerja sekolah | 14,1 | Program kerja sekolah disusun secara terbuka dan bersama-sama melibatkan unsur warga sekolah, komite, dan unsur lain |
| | 14,2 | Melibatkan warga sekolah dalam melaksanakan program | 14,2 | Program kerja sekolah dipahami secara menyeluruh oleh seluruh warga sekolah dan pelaksana serta penanggung jawab program |
| | 14,3 | Menumbuhkan sistem dan iklim demokratis di sekolah | 14,3 | Pembinaan pribadi yang unggul lebih utama agar kegiatan di laksanakan dengan jujur sehingga menjadi sempurna manakala dilengkapi waskat. |
| | 14,4 | Memfungsikan pengawasan melekat ( Waskat ) | | |
| | 14,5 | Secara rutin memberikan informasi kepada stake holders | | |
15 | Menetapkan secara jelas serta me wujudkan visi dan misi sekolah | 15,1 | Merumuskan visi dan misi yang terukur dengan warga sekolah | 15,1 | Rumusan visi dan misi yang jelas sehingga mudah diukur dan secara berkala dievaluasi |
| | 15,2 | Mensosialisasikan visi dan misi sekolah kepada stake holders | 15,2 | Sosialisasi visi dan misi kepada stake holders |
| | 15,3 | Menentukan tujuan untuk mewujudkan visi dan misi sekolah | 15,3 | Penyusunan program dalam bentuk proposal untuk mendapatkan pembiayaan dari unsur terkait. |
PROGRAM KERJA SMA NEGERI 1 SIDOMULYO TP. 2009/2010
LEVEL : Manajemen/Sekolah
NO | AGENDA | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI DALAM | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI |
| REFORMASI | | WAKTU 4 TAHUN | | PADA TP. 2009/2010 |
16 | Melaksanakan pengolahan tenaga kependidikan secara efektif | 16,1 | Menganalisis kebutuhan | 16,1 | Menganalisis dan menyusun rencana kebutuhan guru dan siswa dalam kegiatan belajar |
| | 16,2 | Merencanakan kebutuhan | 16,2 | Evaluasi untuk perbaikan kinerja tenaga kependidikan |
| | 16,3 | Mengembangkan tenaga kependidikan | 16,3 | Memberi penghargaan kepada tenaga kependidikan dan tenaga administrasi |
| | 16,4 | Mengevaluasi kinerja tenaga kependidikan | 16,4 | Pembagian tugas yang signifikan sehingga menjadi team work yang solid |
| | 16,5 | Hubungan kerja yang baik imbal jasa | 16,5 | Meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh warga sekolah , guru, tata usaha, pesuruh, penjaga keamanan |
| | 16,6 | Membagi habis tugas sesuai dengan Bidangnya | | |
| | 16,7 | Meningkatkan kemampuan personal yang profesional | | |
| | 16,8 | Memberikan penghargaan kepada tenaga kependidikan | | |
17 | Melaksanakan pengelolaan sumber belajar secara efektif | 17,1 | Meningkatkan perpustakaan menjadi pusat pembelajaran | 17,1 | Melengkapi, memelihara dan optmalisasi pemberdayaan sarana dan prasarana perpustakaan dengan adanya audio-visual dan koleksi bahan pustaka |
| | 17,2 | Membudayakan siswa dan guru memanfaatkan pusat sumber belajar | 17,2 | Penyediaan jam layanan pustaka |
| | | | 17,3 | Membudayakan optimalisasi sumber-sumber belajar.laboratorium dan perpustakaan, oleh karenanya penting adanya standarisasi |
| | 17,3 | Menambah jam pelayanan pusat pembelajaran | | |
| | 17,4 | Melengkapi fasilitas pusat pembelajaran sesuai dengan pembelajaran sesuai dengan perkembangan iptek | | |
| | 17,5 | Memberdayakan pengolahan pusat pembelajaran secara Optimal | | |
18 | Melaksanakan pengelolaan kegiatan kesiswaan secara optimal | 18,1 | Menyusun program dan jadwal akstra kurikuler | 18,1 | Revisi dan revitalisai program kegiatan ekstra kurikuler |
| | 18,2 | Melaksanaklan program ekstra kurikuler | 18,2 | Pengisian angket ekstra kurikuler |
| | 18,3 | Menjaring peserta ekstra kurikuler sesuai dengan bakat dan minat | 18,3 | Eksplorasi ekstra kurikuler yang menarik minat, dan mengarah pada ekstra kurikuler unggulan sesuai dengan wawasan khusus yang |
Komite Sekolah Ketua, Ir. Hi. SUMARGO | Sidomulyo, Kepala Sekolah HIDAYATULLAH, S.Pd Pembina NIP. 19620730 198503 1 002 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar