About Me
- sman1 sidomulyo
- SMAN 1 SIDOMULYO LAMPUNG SELATAN MERUPAKAN SATU - SATUNYA SMA NEGERI YANG ADA DI SIDOMULYO
Rabu, 17 Maret 2010
pengenalan komputer
Pertemuan : Pertama
Materi : Pengenalan Dasar KOMPUTER
Sasaran : - Pengenalan Program Microsoft Word
- Pengenalan Komputer & Definisi Komputer
- Pengenalan Tombol Keyboard
Petunjuk Soal :
1. Ketik dengan menggunakan jenis huruf (Font) Times New Roman
2. Gunakan ukuran huruf (Font Size) 12
3. Rubahlah bentuk kertas (Page Setup) dengan ketentuan :
1. Gunakan ukuran kertas (Paper Size) Legal
2. Atur batas kertas (Margin) :
- Batas Atas (Top) : 3 cm
- Batas Bawah (Botton) : 2 cm
- Batas Kiri (Left) : 4 cm
- Batas Kanan (Right) : 3cm
DEFINISI KOMPUTER
Kata Komputer berasal dari bahasa latin COMPUTARE yang berarti MENGHITUNG atau dalam bahasa INGGRIS To Computer.
Dengan demikian menurut ejaan aslinya dapat kita definisikan sebagai ALAT HITUNG.
Secara umum yang dimaksud dengan computer adalah alat hitung yang mampu: Menyimpan edata, Menerima Data, Mengolah Data dan Menyajikan Hasil pengolahan Data Sebagai keluaran dan bekerja nya dikendalikan oleh program yang tersimpan di dalamnya. Program tersebut dikenal dengan Operating System (Sistem Operasi).
S E J A R A H P E K E R M B A N G A N K O M P U T E R
Untuk meninjau sejarah perkembangan computer, maka kita perlu meninjau dari perkembangan alat hitung, karena pada dasar nya computer adalah alat hitung. Alat hitung diciptakan kira-kira 2000 Tahun yang alalu, dimana alat hitung tersebut disebut ABACUS kemudian disusul oleh alat-alat hitung lain seperti :
MASHINE ARITMATIQUE (Mesin Jumlah)
Ditemukan oleh BLAISE PAS PASCAL Pada Tahun 1642
Pada saat di gunakan dalam bidang Akuntan
Mesin bekerja secara mekanis
MESIN PENAMBAH DAN PENGALI
Ditemukan oleh GOTTFRIED LEIBNIZ tahun 1673
Mesin ini dapat menjumlahkan dan mengalikan
MESIN TENUN
Ditemukan oleh JOSEPH MARIE JACUARD dari Perancis tahun 1801
Mesin ini bekerja dikontrol oleh Kartu Berlubang (card Punsh) Konsep Kartu Berlubang ini telah diterapkan kira-kira tahun 700.
Kemudian disusul MESIN Difference Enginee dan Analitical Engine,
MESIN Sensus dengan Metode Kartu Berlubang (Punch Card)
MARK I Mesin dapat melaksanakan opersai aritmatika secara otomatis
ENIAC (Elektronic Numerical Integrator And Calculator) bidang matematika
EDVAN merupakan lanjutan dariENIAC
UNIVAC Komputer pertama yang diperdagangkan
IBM tahun 1953 IBM 701 Komputer terpopuler saat itu.
Pertemuan : Kedua
Materi : Pengenalan MICROSOFT WINDOWS
Sasaran : - Pengenalan Program MICROSOFT WINDOWS
- Cara Merubah Wallpaper, screen saver, shortcut, folder
- Membuat Bullet and Numbering
- Menggunakan Tollbar Formating
Petunjuk Soal :
1. Ketik dengan menggunakan jenis huruf (Font) Times New Roman
2. Gunakan ukuran huruf (Font Size) 12
3. Rubahlah bentuk kertas (Page Setup) dengan ketentuan :
1. Gunakan ukuran kertas (Paper Size) Legal
2. Atur batas kertas (Margin) :
- Batas Atas (Top) : 3 cm - Batas Kiri (Left) : 3 cm
- Batas Bawah (Botton) : 2 cm - Batas Kanan (Right) : 3cm
MENGENAL MICROSOFT WINDOWS `98 / WINDOWS XP
Sebelum kita mengenal lebih jauh tentang program-program computer selayaknya kita harus mengenal MICROSOFT WINDOWS terlebih dahulu WINDOWS merupakan system operasi yang paling berpengaruh terhadap software- software lain, karena windows merupakan program yang menamp[ung sebagai program pendukung lainnya Tanpa Windows tak mungkin software- software lain bias kita operasikan.
Setalah kita menghidupkan computer (Bootting) pasti kita melihat tampilan DEKSTOP Windows `98/XP. Ditampilan Dekstop pertama itu terdapat ICON (Shorcut Folder), Wallpaper, Screen Saver dan lain-lain.
Cara merubah Walpaper (Latar belakang dari windows itu sendiri)
1. di desktop letakkan posisi mouse pada daerah yang kosong
2. Kemudian klik kanan mouse, pilih properties, keluar box Properties.
3. Pilih menu Baground/Dekstop, pada kotak baground pilih salah satu model gambar yang kita inginkan, kemudian klik ok untuk memastikan pilihan kita.
Cara Merubah Screen Saver (suatu animasi atau tampilan layer dalam windows yang keluar pada saat computer dalamposisi stanby/tidak dikotak-katik)
Di desktop letakkan posisi mouse pada daerah yang kosong
Kemudian klik kanan mouse, pilih property, keluar box Properties.
Pilih menu Baground/Dekstop, pada kotak screen saver pilih salah satu model animasi yang kita inginkan, kemudian klik ok untuk memastikan pilihan kita.
Cara Mengubah Shortcut (suatu tombol atau icon yang terdapat pada dekstop yang fungsinya untuk membuka menu secara cepat)
a) Di desktop letakkan posisi mouse pada daerah yang kosong
b) Kemudian klik kanan mouse, pilih New kemudian klik shortcut
c) Pilih Browse
d) Pilih My computer atau pilih directory C:/
e) Double Klik Program File
f) Double Klik Microsoft Office
g) Double klik Office
h) Pilih shortcut yang akan dibuat . . ?
i) Pilih OK
j) Klik Next dan beri nama shortcutnya
k) Klik Finish.
Merubah Folder (Suatu kamar / directory dalam hardisk yang berfungsi untuk tempat menyimpan data atau file-file)
Di desktop letakkan posisi mouse pada daerah yang kosong
Kemudian klik kanan mouse, pilih New kemudian klik folder
Ketik nama folder
Klik mouse pada daerah yang kosong.
Materi : Pengetikan Dasar
Tujuan : Membuat Huruf Tebal, Miring, Garis Bawah, Merubah Jenis Huruf,
Merubah ukuran Huruf, Membuat Symbol/Buller
Petunjuk Soal :
1. Ketik dengan menggunakan jenis huruf /Font Arial, Monotipe corsiva, dauphin, Comic Sans
2. Gunakan ukuran huruf (Font Size) 12 pt
3. Gunakan Ukuran kertas / Page SetupLatter dengan margin :
a. Batas Atas (Top) : 3 cm
b. Batas Bawah (Botton) : 2 cm
c. Batas Kiri (Left) : 4 cm
d. Batas Kanan (Right) : 2cm
4. Rubahlah format karakter sesuai dengan naskah soal
MENGATUR Halaman
Mengatur halaman adalah hal ayng terpenting apabila dikaitkan dengan percetakan, dimana kita dapat menentukan Ukuran Kertas, Bentuk halaman dan Tampilan Halaman, Ikuti langkah-langkah berikut :
Dari menu file pilih Page Setup
Kemudian akan tampil box Page Setup
Keterangan :
1. Margin yaitu menentukan batas kertas
2. Paper Size yaitu menentukan ukuran kertas dan metode pencetakana pada kertas
3. Paper Source yaitu Sumber
4. Layout yaitu halaman, nomor baris dan bingkai
5. Default yaitu menjadikan setup yang ditentukan saat ini sebagai standar untuk p[enggunaan berikutnya.
6. Apply to yaitu setting halaman diberlakukan untuk pilihan tertentu
7. Gutter position yaitu halaman disiapkan untuk di jilid.
Isikan nilai untuk batas atas/Top : 4 cm, Bawah/Bottom : 3 cm, kiri/Left : 4 cm, Kanan/right : 2 cm, Perhatikan perubahan pada Preview. Ganti dengan nilai lain sambil diperhatikan perubahan pada preview.
Pindahkan Pilihan pada layer Paper Size, tentukan ukuran halaman : Letter, Legal, A4, A5, bergantian perhatikan perubahan preview.
Klik OK bila akan melakukan perubahan yang telah ditentukan, Cansel untuk membatalkan.
Ulangi langkah diatas, sampai Anda yakin dapat melakukan pengaturan halaman, lakukan percobaan dengan memilih pilihan yang tidak ada pada latihan diatas dan perhatikan semua perubahan yang terjadi dilayar.
Materi : Pengetikan Dasar
Tujuan : Membuat Bullet and Numbering yang beraneka ragam
Petunjuk Soal :
1. Ketik dengan menggunakan jenis huruf /Font Arial, Arial Narrow, Tahoma, Comic Sans
2. Ketik dengan menggunakan ukuran huruf (Font Size) 12 pt
3. Gunakan Ukuran kertas / Page SetupLatter dengan margin :
a. Batas Atas (Top) : 3 cm
b. Batas Bawah (Botton) : 3 cm
c. Batas Kiri (Left) : 3 cm
d. Batas Kanan (Right) : 3 cm
4. Rubahlah format karakter sesuai dengan naskah soal
MeNguasai Hal-Hal Penting Dengan Cepat
Menyimpan atau Merekam file ke Media Penyimpanan
Jika telah mengetik dengan Microsoft Word, untuk keperluan yang akan dating atau untuk melihat hasil kerja dikemudian hari maka file hasil kerja tersebut kita simpan atau direkam kedalam media penyimpanan Hardisk atau Disket dengan cara :
Pilih Menu File atau Tekan Tombol Alt + F
Clik Save atau tekan S
Maka tampil Dialog Box Save As
Tentukan Drive yang akan digunakan sebagai tempat mentimpanDrive C : jika menyimpan pada Hardisk, Drive A : Jika akan menyimpan pada Disket
Tentukan Direktori atau folder temapt menyimpan file tersebut
Klik pada kotak file name, kemudian ketik nama yang akan diinginkan laalu klik OK
Menyimpan atau Merekam Ulang
File kerja yang sudah di rekam atau disimpan dapat disimpan ulang nama file yang lain tanpa merubah file semua, sehingga akan menhasilkan dua buah file yang sama dengan nama yang berbeda dengan cara :
Pilih Menu File atau Tekan Alt + F
Clik Save As atau tekan huruf A
Tampil kotak dialog Save As
Lakukan Hal serupa seperti halnya menyimpan file Baru yang belum ada Namanya.
Memanggil file / Membuka File
1. Pilih Menu File atau Tekan Alt + F
2. Klik Open atau tekan huruf F
Maka Tampil Dialog Box Open Drawing
3. Tentukan pada drive dan anama folder dimana file tersebut disimpan atau direkam
4. klik Nama File yang akan dibuka lalu klik OK
Materi : Pengetikan Dasar
Tujuan : Mengatur First Line Indent, hanging Indent, Left Indent, Deerease Indent,
Increase Indent, Jarak Paragraf
Petunjuk Soal :
1. Ketik dengan menggunakan jenis huruf /Font Arial, Arial Narrow, Tahoma, Comic Sans
2. Ketik dengan menggunakan ukuran huruf (Font Size) 12 pt
3. Gunakan Ukuran kertas / Page SetupLatter dengan margin :
d. Batas Atas (Top) : 2 cm
e. Batas Bawah (Botton) : 2 cm
f. Batas Kiri (Left) : 4 cm
d. Batas Kanan (Right) : 3 cm
4. Rubahlah format karakter sesuai dengan naskah soal
MULTIMEDIA
Saat ini sudah menjadi kebutuhan utama pemakaian computer di negeri ini. Rasanya
kurang pas jika computer yang digunakan belum bias mendengarkan renyahnya musik dari CD Player atau belum bias memutar sebuah film dari VCD.
Sebenernya sebagaian bahan percobaan anda bias saja menggunakan CD-ROM Drive ukuran Standar, misalnya Double Speed atau 4 X. tetapi walu merakit komputer sebagai percobaan namun tetap saja computer yang kita rakit kwalitasnya dan mutunya harus sama dengan rakitan yang dikerjakan secara professional.
Bagian ini akan menjelaskan cara memilih CD-ROM Drive Mpeg Card dan Sound Card CD-ROM sengaja dimasukan kebagian ini karena biasanya CD-ROM hanya banayak digunakan untuk kebutuhan multimedia. Walupun, saat ini CD-ROM tidak hanya digunakan untuk bermultimedia, tetapi umumnya CD-ROM akan dirasakan manfaatnya jika kita sudah berhubungan dengan multimedia.
Pertemuan : Kedua
Materi : Membuat Aneka Ragam fasilitas Microsoft Word
Sasaran : - Menggunakan Fasilitas Highlight dan Color font, Outrside border
- Menyisipkan Symbol
- Membuat Bullet and Numbering
- Menggunakan Tolbar Formating
Petunjuk Soal :
1. Ketik dengan menggunakan jenis huruf (Font)
2. Gunakan ukuran huruf (Font Size)
3. Rubahlah bentuk kertas (Page Setup) dengan ketentuan :
1. Gunakan ukuran kertas (Paper Size) Legal
2. Atur batas kertas (Margin) :
- Batas Atas (Top) : 3 cm
- Batas Bawah (Botton) : 3 cm
- Batas Kiri (Left) : 4 cm
- Batas Kanan (Right) : 2 cm
Merakit Kompurter
Merakit Kompurter sebenarnya bukanlah merupakan pekerjaan yang sangat mudah atau sulit, meskipun juga tidak bias dikatagorikan pekerjaan yang sangat mudah untuk dilakukan. Untuk dapt merakit computer ortang juga tidak harus memiliki latar belakang keahlian khusus seperti Sarjana Computer, atau lulusan Teknik Informatika dan lain sebagainya.
Tetapi merakit K O M P U T E R dapat dilakukan oleh semua orang yang mau dan mampu untuk belajar seperti Pepatah mengatakan orang bisa karena biasa. Dengan belajar orang terbiasa dalam menghadapi persoalan, memiliki pengalaman dalam menganalisa masalah serrta menghubungkan teori-teori yang ada untuk melakukan pemecahan suatu masalah.
Mulai dari tahap persiapan, pemilihan komponen dan peralatan sampai perakitan serta dilengkapi dengan beberapa trouble shooting untuk memecahkan masalah-masalah yang sering muncul, akan dituturkan secara runtun dilengkapi dengan gambar-gambar sehingga akan lebih memeudahkan pemahaman.
MEMBERIKAN IJIN
Kepada :
Nama Organisasi :
Nama Penanggung Jawab :
Pekerjaan :
Alamat :
Untuk dilaksanakan Kegiatan :
1. Bentuk / Macam :
2. Waktu :
3. Tempat :
4. Dalam rangka :
5. Peserta / undangan :
Dengan Catatan :
1. Penanggung Jawab Wajib menaati ketentuan-ketentuan sebagaiman berikut :
a. Wajib menjaga Keamanan dan ketertiban di dalam kegiatan dimaksud.
b. Wajib mencegah supaya para peserta tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang bertentangan ataupun menyimpang daripada tujuan kegiatan yang telah dinyatakan tertulis dalam surat pernyataan permohonan ijin.
c. Wajib melapor dalam Waktu 2 x 24 jam sebelum kegiatan dilaksanakan pada Polsek Setempat.
d. Wajib menaati ketentuan – ketentuan lain yang diberikan oleh pejabat setempat berhubungan dengan kegiatan yang akan dilaksanakan.
2. Bila mana terdapat penyimpangan dan atau pelanggaran terhadap ketentuan dalam surat ijin ini, petugas Kepolisian / Keamanaan dapat membubarkan / menghentikan atau mengambil tindakan lain berdasarkan ketentuan hokum yang berlaku.
3. Surat ijin ini di berikan kepada yang berkepentingan untuk di pergunakan sebagaimana mestinya, kecuali dalam hal terdapat kekeliruan akan diadakan ralat seperlunya.
4. setelah selesai pelaksanaan kegiatan, maka penanggung jawab agar melaporkan hasilnya kepada Kesatuan Polri yang mengeluarkan ijin, dalam waktu selambat-lambatanya 1 (satu) minggu selesainya Kegiatan dimaksud.
Dikeluarkan : Sidomuylo
Pada Tanggal :
KEPALA KEPOLISIAN SEKTOR BANDAR LAMPUNG
AKP.SANDI SUWARDI
IPTU. NRP. 73110622
LEMBAGA LATIHAN KERJA
ARIO COMPUTER
CENTRAL PENDIDIKAN COMPUTER
Office : Jalan Karyawan Desa Sidoadai Kec. Sidomulyo Lam-Sel 35453
Nomor : 001/LPK-ARIO.P/VI/04 19 Desember 2009
Lampiran : -
Prihal : Panggilan Kerja
Kepada Yth.
Sdr. SANDI SUWARDI
DI
Sidomulyo
Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : RIO APRI LUMENTA
Jabatan : Direktur
Alamat : Jl. Karyawan Sidodadi Kec. Sidomulyo Lampung Selatan
Dengan ini memanggil saudara :
Nama : SANDI SUWARDI
Alamat : Jl. Kutilang No. 404 Rt.01 Rw.01 Kalianda Lampung Selatan
Untuk segera hadir pada tanggal 20 juni 2009 guna tindak lanjut mengenai Surat Lamaran yang Anda ajukan pada Lembaga Kami.
Demikian pemberitahuan dari kami, Harap maklum.
Hormat kami,
RIO APRI LUMENTA
Direktur
Nb.. surat Tidak Berlaku Lagi Bila Pada Tanggal yang ditentukan diatas Anda tidak Bisa Hadir
Petunjuk :
Atur Ukuran kertas agar posisi KOP surat pada di cetak di printer sesuai keinginan
SURAT KETERANGAN DOMISILI
Nomor : 091/V.08.12/2009
Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala Desa Sidodadi Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan menerangkan dengan sesungguhnya :
Nama : ARIS ARIYANTO
Tempat Tanggal lahir : Jakarta, 22 Mei 1977
Jabatan : Direktur
Perusahaan : CV. ARIO KOMPUTER
Akta Pendirian : No. 05. Tanggal 15 Oktober 2009
Di hadapan Notaris RIO APRI LUMENTA, SH
NPWP : 02.356.400.0-322.000
Alamat : JL. Raden Intan Kota Baru Kalianda
Lampung Selatan 0727 321 560
Yang bersangkutan tersebut diatas adalah BENAR, berdomisili di Jl. Karyawan Desa Sidodadi Dusun Ringin Agung I Rt.01 Rw. 01 Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan, pada 01 September 1987 sampai sekarang.
Diterbitkan Surat Keterangan Domisili ini sehubungan yang bersangkutan Calon Agen Pemasaran & Transportir pada Perusahaan di bawah ini :
Nama Perusahaan : PT. MARGA SATWA
Akta Pendirian : Nomor 03 Tanggal 20 Juni 2007
Akta Perubahan : Nomor 01 Tanggal 03 April 2009
Bidang Usaha : Agen Nasional BBM, Ekspor – Impor,
CPO dan Kondosat serta Developer
No. NPWP : 08.245.587.2.455.222
No. TDP : 070115202361
No. SIUP : 1455/510/5/PK/XI/2007
No. SITU : 1902/II/S/KMLG/2009
Advis : 557891.25.80.01.V.2009
Alamat Perusahaan : Jl. Sultan Rio No. 141 Rt/Rw : 1/4 Lk. 1 Kel. Perumnas
Kemiling Kec. Kemiling Bandar lampung 35141
Telp. 0721-270375, HP. 0815-40951440. 0815-40215485
Demikian surat Keterangan Domisili (SKD), Perusahaan ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya dan dapat dipergunakan dimana perlu.
Yang bersangkutan
ARIS ARIYANTO
Direktur Dibuat di : Sidodadi
Pada Tanggal : 15 Juni 2006
Kepala Desa Sidodadi
RAHAMAT WITOTO
Mengetahui
Camat Sidomulyo
HI. DJUNAIDI BASRIE, SE
NIP. 460 012 613
SURAT KETERANGAN IJIN ORANG TUA
Yang bertanda tangan dibawah ini kami orang tua :
Nama :
Tempat & Tanggal lahir :
Agama :
Pekerjaan :
Alamat :
Kel ……………..Kec
Kab
Menrangkan bahwa Anka saya :
Nama :
Tempat & Tanggal lahir :
Agama :
Pekerjaan :
Alamat :
Kel ……………..Kec
Kab
Dengan ini menyatakan bahwa saya tidak berkebertan dan mengijinkan dan menyetujui Anak saya tersebut di atas untruk bekerja di ……………………
Demikian surat keterangan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.
…………………….Tgl ……………….200
Yang Diberi Ijin ( Anak )
(………………………..) Orang Tua/Wali
(………………………..)
Mengetahui
Lurah/Kepala Desa
(………………………..)
KANTOR KEPALA DESA :
KECAMATAN :
KABUPATEN :
“SURAT KETERANGAN KENAL LAHIR”
Nomor : ………………………………..
Yang bertanda tangan dibawah ini Kepala Desa
Kecamatan ………………………kabupaten Dati II
Dengan ini menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :
Nama :
Jenis Kelamin : Laki-laki / Perempuan *)
Tempat & Tanggal lahir :
Agama :
Pekerjaan :
Alamat :
Adalah anak dari hasil perkawinan yang syah antara seorang laki-laki :
Nama :
Umur : …………….. Tahun
Kebangsaan / Agama : Indonesia /
Alamat : Dusun
RT ……………………/ RW
Desa
Kecamatan
Kabupaten
Dengan seorang perempuan :
Nama :
Umur : …………….. Tahun
Kebangsaan / Agama : Indonesia /
Alamat : Sama seperti diatas.
Yang dilahirkan di ……………………………. Pada tanggal
Demikian Surat Keterangan ini kami buat untuk diketahui dan dipergunakan seperlunya.
…………………….Tgl ……………….200
Mengetahui
Camat Kecamtan
Kepala Desa
*) Coret yang tidak perlu
PEMERINTAHAN KABUPATEN / KODYA DAERAH TINGKAT II……………………
KECAMATAN :
DESA / KELURAHAN :
SURAT KETERANGAN STATUS
Nomor : ………………………………
Yang bertanda tangan dibawah ini Kepala Desa /Kelurahan
Kecamatan ……………………………Kabupaten / Kodya
Menerangkan dengan sebenarnya bahwa :
Nama Lengkap :
Jenis Kelamin :
Tempat / Tanggal Lahir :
Status :
Agama :
Kebangsaan :
Alamat Lengkap :
Nama tersebut diatas berstatus : Kawin / Belum Kawin / Janda Cerai / Janda Meninggal /
Duda Cerai / Duda Meninggal.
Demikian surat Keterangan ini kami buat dan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.
…………………….Tgl ……………….200
Yang bersangkutan
(…………………………..) Kepala Desa Sidodadi
(…………………………..)
Mengetahui
Camat : ……………………
Nomor : ……………………
(…………………………..)
PEMERINTAHAN KABUPATEN / KODYA DAERAH TINGKAT II……………………
KECAMATAN :
DESA / KELURAHAN :
SURAT KETERANGAN DOMISILI
NOMOR : ………………………………
Yang bertanda tangan dibawah ini Kepala Desa /Kelurahan
Kecamatan ……………………………Kabupaten / Kodya
Menerangkan dengan sebenarnya bahwa :
Nama Lengkap :
Tempat / Tanggal Lahir :
Jenis Kelamin :
Agama :
Alamat Lengkap :
Orang tersebut di atas benar-benar Penduduk Desa / Kelurahan Kami dan sampai saat ini masih tetap berdomisisli di Desa / Kelurahan Kami.
Demikian surat ini kami buat dengan sebenar-benarnya, dan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.
…………………….Tgl ……………….200
Yang bersangkutan
(…………………………..) Kepala Desa Sidodadi
(…………………………..)
Mengetahui
Camat : ……………………
Nomor : ……………………
(…………………………..)
DAFTAR ISI
LEMBAR PERTANGGUNG JAWABAN
LEMBAR PENGESAHAN
LEMBAR PENGUJI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
1.2 Identifikasi Masalah
1.3 Batasan Masalah
1.4 Maksud dan Tujuan
1.5 Tahapan dan Lingkup Penelitian
BAB II KOMPUTER DAN PERKEMBANGANNYA
2.1 Definisi Komputer
2.2 Sejarah Perkembangan Komputer
2.3 Generasi Komputer
2.4 Jenis-jenis Komputer
PEMERINTAHAN KEBUPATEN LAMPUNG SELATAN
UNIT PASAR SIDOMULYO
KECAMATAN SIDOMULYO
Nomor : 970 / 37 / DP / 02 / 2005 Sidomulyo, 1 September 2009
Lamp : 1 (satu) Exemplar
Perihal : Laporan Pengeluaran
Kepada Yth.
Bapak Kepala Dinas Pasar
Kabupaten Lampung Selatan
Di –
Kalianda
Dengan hormat,
Bersama ini kami sampaikan laporan bulan Agustus 2009 sebagai berikut :
No URAIAN BANYAK KETERANGAN
1
Laporan UPT Pasar Sidomulyo Dalam Satu Bulan / Setiap Bulan Tahun 2009
2 (satu)
Exemplar
Kepala Unit Dinas Pasar
Kecamatan Sidomulyo
H U Z A I R I N
NIP. 080 061 035
LEMBAGA LATIHAN KERJA
ARIO COMPUTER
CENTRAL PENDIDIKAN COMPUTER
Office : Jalan Karyawan Desa Sidoadai Kec. Sidomulyo Lam-Sel 35453
Lampioran : Keputusan Direktur ARIO COMPUTER
No : 750.3/04/III.01.10.50/2009
SUSUNAN PENGURUS LEMBAGA
ARIO KOMPUTER TAHUN 2009
NO NAMA JABATAN KETERANGAN
1 ARI NUR AFDILLA, AM.d Ketua/Penanggung Jawab
2 AYU OKTA VIASARI Sekretaris
3 SANDI SUWARDI Bendahara
4 ARIS ARIYANTO Teknisi
STAF
1 DESI APRI YANI Administrasi
2 RIO APRI LUMENTA, AM.d Intruktur
3 YOGI PRASETYO Intruktur
4 AGUNG JALU Marketing
DITETAPKAN DI : SIDOMULYO
PADA TANGGAL : 5 Desember 2009
DIREKTUR
ARI NUR AFDILLA
SURAT BUKTI MENGIKUTI
TES KEMAMPUAN DASAR ( TKD )
KELAS III TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
NAMA :
SDN NEGERI :
NOMOR URUT :
NOMOR INDUK :
NO MATA PELAJARAN NILAI YANG DIPEROLEH KETERANGAN
Angka Huruf
1 MEMBACA
2 MENULIS
3 BERHITUNG
Sidomulyo, 9 Juni 2009
PENGURUS K 3 S
WILAYAH III
KETUA
SUGENG REJO SEKRETARIS
PARWANINGSIH
KETERANGAN NILAI
10 = Istimewa A = Baik Sekali
9 = Baik Sekali B = Baik
8 = Baik C = Cukup
7 = Lebih dari cukup D = Kurang
6 = Cukup E = Kurang Sekali
5 = Hampir Cukup
4 = Kurang
LAMPIRAN V
PUTUSAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
NO R : 025/1995
TANGGAL : 8 MARET 1995
SURAT PERNYATAAN MELAKUKAN KEGITAN
PROSES BELAJAR MENGAJAR / PRAKTIK
Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : Drs. RIO APRI LUMENTA, SE
NIP : 130 728 334
Pangkat/Gol. Ruang : PEMBINA. VI/a
Jabatan : KEPALA SEKOLAH
Alamat Sekolah : SMA NEGERI 12 KALIANDA
JL. PANGLIMA POLIM KM 32 KALIANDA
Menyatakan bahwa
Nama : SANDI SUWARDI, S.Pd
NIP : 148 255 585
Pangkat/Gol. Ruang : PENATA MUDA. III/a
Jabatan : GURU MADYA
Alamat Sekolah : SMA NEGERI 12 KALIANDA
JL. PANGLIMA POLIM KM 32 KALIANDA
Jenis Guru : GURU MATA PELAJARAN
Telah melaksanakan kegitan Proses belajar mengajar atau Praktik *) mulai tahun pelajaran 2007-2008 Semester Genap sampai dengan tahun pelajaran 2009-2010 Semester Genap.
No KEGIATAN TAHUN PEMBELAJARAN KET
10/02 01/02 02/03 02/03 03/04 03/04
1 2 3 4 5 6
PROSES BELAJAR MENGAJAR
1 Melaksankan penyusunan Program Pengajaran Y Y Y Y Y
2 Melaksankan Penyajian Program 20 Jam 22 Jam 22 Jam 25 Jam 26 Jam
3 Melaksankan Evaluasi Belajar Y Y Y Y Y
4 Melaksankan Anilisis hasil Evaluasi Belajar Y Y Y Y Y
5 Melaksankan penyusunan dan melaksanakan Program perbaikan dan pengayaan materi Y Y Y Y Y
Demikianlah Pernyataan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
*) Coret yang tidak perlu
Kalianda, 14 Juni 2008
Kepala Sekolah SMA Negeri 12 Kalianda
Drs. RIO APRI LUMENTA, SE
NIP. 130 728 334
PETIKAN
KEPUTUSAN BUPATI LAMPUNG SELATAN
NOMOR 821/298/IV.04/2009
TENTANG
PENGANGKATAN GURU DIBERI TUGAS PENAMBAHAN SEBAGAI
KEPALA SEKOLAH DILINGKUNGAN PEMERINTAH DAERAH
KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
BUPATI LAMPUNG SELATAN
Membaca : }
}
Menimbang : }
} : dst
Mengingat : }
}
Memperhatikan : }
MEMUTUSKAN
Menetapkan :
Pertama : Mengangkat Guru pegawai Negeri Sipil yang Namanya tersebut dalam
kolom dua (2) diberi tugas tambahan sebgai Kepla Sekolah tersebut dalam
kolom tujuh (7) daftar lampiran keputusan ini.
Kedua : Kepada Guru Pegawai Negeri Sipil sebagai dimaksud dictum pertama
diberikan tunjangan fungsional tenaga pendidikan sesuai dengan yang
berlakau.
Ketiga : Keputusan ni berlaku sejak pelantikan, dengan ketentuan apabila
dikemudian hari terdapat kekeliruan akan diadana perbaikan seperlunya
SALINAN : 1 s/d 11 dst
PETIKAN : Keputusan ini disampaikan pada yang bersangkutan untuk
diketahui dan dipergunakan sebagaimana mestinya.
Ditetapkan di : Kalianda
Pada tanggal : 6 November 2009
BUPATI LAMPUNG SELATAN
Dto
WENDI MELFA
PETIKAN SESUAI DENGAN ASLINYA
KEPALA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH
Drs. HASAN NURI. AF
Pembina
NIP. 0100 97393
KOMPUTER SERING MACET
MASALAH
K
omputer bisa booting dengan baik dan normal. Tetapi pada saat dipakai bekerja, komputer sering mengalami Hang dan macet secara tiba-tiba. Kondisi pada saat hang pun bermacam-macam mulai dari program yang tidak dapat berjalan, mouse tidak dapat digerakkan, keyboard tidak berfungsi sampai muncul blue screen. Hal itu tentu saja sangan mengganggu pekerjan karena sering sekali data kita hilang karena lupa belum disimpan pada saat bekerja.
SOLUSI
B
anyak hal yang bias terjadi dan menyebabkan computer sering macet atau hang. Tetapi secara garis besar, yang menyebabkan komputer sering macet dibagi menjadi 2 kelompok yaitu : hang karena Software mengalami crash dan hang yang disebabkan karena Hardwer yang mengalami crash.
HANG KARENA SOFTWARE
MENGALAMI CRASH
Jika computer hang karena terdapat software yang crash, biasanya pada masih bias dilakukan penggerakan mouse atau penekanan beberapa tombol keyboard. Jika terjadi komdisi hang seperti itu, coba lakukan penanganan sebagai berikut :
1. Tekan kombinasi Tombol Ctrl + Alt + del secara bersamaan.
2. Catat program-program yang bertuliskan not responding tersebut, dan kemudian matikan dengan menekan tombol End Task.
3. Ttutup juga program-program lain yang tidak perlu, caranya, klik nama program terebut dan klik tombol End Task.
4. Jika komputer masih hang, Restart System melalui tombol (restart) pada CPU.
5. Setelah system windows berjalan lagi, lakukan pengecakan komputer dengan membuaka satu-persatuprogram yang sebelumnya bertuliskan Not Responding.
HANG KARENA KONFLIK HARDWER
K
onflik antar hardwer, sering terjadi pada system operasi windows. Penyebabnya terjadinya konflikpun beraneka ragam seperti perangkat lama yang sudah tua sehigga berbenturan dengan perangkat yang baru konflik hardwer tersebut bias juga disebabkan karena penggunaan interuk yang tumpang tindih hingga menyebabkan salah satu perangkat lainnya menjadi tidak noramal dan akhirnya computer yang sedang aktif tiba-tiba macet. Untuk melakukan masalah tersebut, langkah yang paling aman adalah melakukan Reinstal Windows. Tetapi yang perlu diingat adlah sebelum melakukan install ulang windows. Lepaskanlah terlebih dahulu salah satu perangkatnya. Sebaiknya lepaskan perangkat yang terbaru. Berarti anda akan membiarkan perangkat yang lebih lama untuk terdeteksi oleh system windows terlebih dahulu.
S
etelah proses instalasi selesai, pasang kembali yang tadinya dilepas kemudian jalankan fasilitas Add New Hardwer. Yang terdapt pada control panel dengan menggunakan menu star - control panel - Add New Hardwer. Setelah perangkat terdeteksi, lakukan restart ulang windows.
Collection By. ARIO COMPUTER
TH. 2009-2010
ARIO
Rabu, 10 Maret 2010
IV. SASARAN DAN KEBUTUHAN SEKOLAH
1. Meningkatkan partisipasi dan pemberdayaan dewan guru dan tata usaha untuk
merencanakan dan melaksanakan secara bersama-sama program kerja sekolah
selama satu tahun pelajaran baik yang bersifat akademik maupun non akademik.
2. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
3. Menertibkan administrasi sekolah, KBM dan Bimbingan konseling oleh semua dewan guru dan tata usaha sesuai dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing.
4. Mengevaluasi bersama pelaksanaan program kerja sekolah.
5. Membina hubungan kerjasama yang harmonis dengan orangtua siswa, masyarakat, alumni dan instansi terkait melalui Komite Sekolah.
B. Aspek Pengembangan Kurikulum dan Sistem Penilaian
1. Peningkatan kompetensi guru dalam rangka Implementasi KTSP dan Life Skill
Melalui IHT/Workshop dan diklat-diklat.
2. Penyusunan Pengembangan Silabus KTSP dan Perangkat Penilaian.
3. Mengimplementasikan KTSP dan Sistim Pengujian Berbasis Kompetensi
(KSPBK).
4. Mengaktifkan kegiatan MGMP di tingkat Sekolah, Sub Rayon dan Tk. Kabupaten.
5. Komputerisasi identitas dan hasil pembelajaran siswa kelas X, XI dan XII
6. Menerapkan pelaporan hasil nilai ulangan harian siswa yang murni kepada
orangtua.
7. Pelatihan Komputer bagi siswa, baik secara terpisah maupun menyatu dengan
Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi.
8. Menerapkan metode pembelajaran yang lebih variatif dengan bantuan sarana
Multimedia.
9. Mengarahkan dan membimbing Siswa dalam upaya memenuhi keterampilan dasar
yang bermuatan lokal (Mulok) dan usaha-usaha Pengembangan Diri Siswa melalui
kegiatan Ekstrakurikuler dan bimbingan konseling.
C. Aspek Pembinaan Kesiswaan
1. Mengaktifkan Kegiatan Rohis dan Rohani Agama lainnya dan integrasi Imtaq dan
Iptek.
2. Melatih tim olahraga siswa secara rutin dan terjadwal.
3. Mengikuti even olahraga tingkat kecamatan dan Kabupaten.
4. Melatih tim seni secara rutin dan terjadwal.
5. Mengikuti even seni tingkat kecamatan dan kabupaten.
6. Mengaktifkan kegiatan Palang merah remaja.
7. Mengaktifkan kegiatan kepramukaan.
8. Memberdayakan OSIS dalam berbagai kegiatan ektrakurikuler yang terprogram.
D. Aspek Pengembangan Fasilitas/Sarana Prasarana
1. Mengadakan perbaikan dan penambahan meubelair kelas dan kantor.
2. Mengusahakan penambahan RKB. Lab. Bahasa/ruang Multimedia.
3. Merehablitasi fisik sekolah dan mengadakan sarana olahraga.
4. Mengadakan sarana kegiatan Ekstrakurikuler yang meliputi : Rohis, KIR,
Pramuka, PMR, Seni, Olahraga, UKS, dan Satgas Narkoba.
5. Mengusahakan penambahan sarana komputer siswa dan guru.
6. Pemasangan dan peningkatan kualitas jaringan internet
7. Pengadaan gedung laboratorium IPA/Kimia dan sarana prakteknya.
8. Pengusulan pengadaan gedung lab. Multimedia dan bahasa.
9. Pembangunan Pagar Kawasan Sekolah yang permanen.
E. Aspek Pengembangan Ketenagaan/Personalia
1. Meningkatkan kesejahteraan GT, GTT, PT dan PTT.
2. Mengusahakan tambahan tenaga guru dan tata usaha.
3. Mengusahakan peningkatan kompetensi tenaga guru dan tata usaha.
F. Aspek Lainnya
1. Penambahan pengadaan unit komputer untuk keterampilan siswa, guru dan TU.
2. Pelatihan keterampilan operasional komputer bagi siswa, guru dan TU.
TUJUAN SEKOLAH
Sampai dengan tahun pelajaran 2014/2015, sekolah memenuhi dan mencapai :
1. Peningkatan kegiatan Rohani Islam (Rohis) dan Rohani Agama lainnya.
2. Pembudayaan disiplin kerja bagi seluruh tenaga kependidikan.
3. Mengaktifkan dan mengikuti kegiatan MGMP di tingkat sekolah, sub rayon dan
tingkat kabupaten.
4. Mengikutkan Guru/TU dalam kegiatan Diklat, penataran dan seminar yang relevan dengan bidangnya masing-masing.
5. Meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidik dan kependidikan.
6. Meningkatkan nilai rata-rata hasil evaluasi belajar siswa.
7. Meningkatkan rata-rata NUAN dan NUN alumni.
8. Meningkatkan jumlah lulusan yang diterima Perguruan Tinggi.
9. Melaksanakan dan mengikuti kegiatan lomba yang bersifat akademik dan non akademik.
10. Penegakan disiplin guru sesuai dengan peraturan pemerintah dan kode etik guru.
11. Penegakan disiplin siswa sesuai dengan tata tertib yang telah ditentukan.
12. Membina hubungan kerjasama yang harmonis dengan orangtua siswa, masyarakat, alumni dan instansi terkait.
13. Menggali sumber dana untuk membantu pembiayaan pelaksanaan program kerja sekolah.
14. Mencukupi dan melengkapi sarana/prasarana penunjang PBM.
15. Memanfaatkan secara optimal seluruh sarana dan prasarana dan IT untuk mencapai tujuan pendidikan yang ideal.
16. Mengimplementasikan Kurikulum 2006 (KTSP) untuk semua jenjang kelas, mulai dari kelas X, XI dan XII.
17. Pengadaan gedung laboratorium IPA Kimia dan sarana prakteknya.
18. Pengusulan pengadaan gedung dan sarana lab. Multimedia dan bahasa.
19. Pengusulan pembangunan pagar kawasan sekolah secara permanen.
B. Tujuan Jangka Pendek (1 tahun TP. 2009/2010) :
Sampai tahun pelajaran 2009/2010, Sekolah memiliki dan mencapai :
1. Peningkatan kegiatan Rohis, Sholat Jum'at dan Kegiatan Hari Besar Keagamaan.
2. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) bagi seluruh jenjang
kelas ( kelas X, XI dan XII).
3. Mengaktifkan MGMP ditingkat sekolah, Sub Rayon dan Tk. Kabupaten.
4. Meningkatkan nilai rata-rata KKM matapelajaran dari basis dasar 60 point
5. Meningkatkan rata-rata NUN, minimal 0,5 diatas batas passing grade kelulusan
yang telah ditentukan
6. Meningkatkan jumlah lulusan yang diterima perguruan tinggi, rata-rata
5 % per tahun pelajaran
7. Mengikuti dan melaksanakan even yang bersifat akademik.
8. Mengikuti dan melaksanakan eve yang bersifat non akademik.
9. Penambahan koleksi buku perpustakaan dan pegangan guru bermuatan KTSP.
10. Pengadaan sarana dan prasarana pembelajaran yang berbasis IT.
11. Penambahan gedung kelas dan laboratorium IPA Kimia.
12. Rehabilitasi fisik RKB, Laboratorium, Sarana Ibadah, Kantor dan WC.
13. Pemasangan dan peningkatan jaringan internet.
14. Penataan taman sekolah, lapangan olahraga dan pengusulan pagar sekolah.
VISI DAN MISI
MISI :
1. Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan (Imtaq) seluruh
Warga sekolah
2. Meningkatkan Profesionalisme dan Kesejahteraan Tenaga
Kependidikan.
3. Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik
serta Disiplin Siswa.
4. Meningkatkan Peranserta Orangtua Siswa, Masyarakat
dan Alumni untuk mendukung pelaksanaan Program
Kerja Sekolah.
5. Melengkapi, Mengembangkan dan Memanfaatkan Sarana
dan Prasarana Sekolah untuk mendukung kelancaran
proses pendidikan secara optimal.
PROFIL SMA N 1 SIDOMULYO
I. IDENTITAS SEKOLAH
SMA : SMA NEGERI 1 SIDOMULYO
NSS : 301120115075
NIS : 300050
DIK : 53655
SK. PENDIRIAN : MENDIKBUD RI No. 0363/0/1991; 20 JUNI 1991
ALAMAT
JALAN : JL. MURIA No. 101
DESA/KELURAHAN : SELORETNO
KECAMATAN : SIDOMULYO
KABUPATEN : LAMPUNG SELATAN
PROPINSI : LAMPUNG
Telepon : (0721) 7693182-7693183
e-mail : sman1sidomulyo@yahoo.co.id.
www.sman1sidomulyo.sch.id
ANALISIS SWOT
Sasaran : Peningkatan Manajemen Sekolah
FUNGSI DAN FAKTOR | KRITERIA KESIAPAN | KONDISI NYATA | TINGKAT KESIAPAN | FAKTOR |
| | | SIAP | TDK SIAP |
A. FUNGSI KEGIATAN | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Perberdayaan warga sekolah | a. Mampu memberdayakan warga sekolah | a. Cukup mampu | v | |
b. Keragaman Metode Sosialisasi | b. Bervariasi | b. Cukup bervariasi | V | |
c. Perilaku warga sekolah | c. Disiplin dan tertib | c. Cukup disiplin/tertib | V | |
d. Hubungan warga sekolah | d. Akrab | d. Akrab | V | |
. e. Penggunaan waktu | e. Efektif | e. Kurang efektif | | v |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Kesiapan warga sekolah untuk merespon sosialisasi | a. Siap merespon | a. Siap merespon | v | |
b. Dukungan pihak luar. | b. Tinggi | b. Cukup | v | |
c. Lingkungan sosial sekolah | c. Kondusif | c. Kondusif | v | |
d. Lingkungan fisik sekolah | d. Nyaman/tenang | d. Nyaman/tenang | v | |
B. FUNGSI PENDUKUNG : KETENAGAAN | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Jumlah guru | a. Memadai dengan ratio | a. Tidak sepenuhnya memadai. | v | |
b. Kualitas guru | b. Pendidikan minimal S1 | b. 99 % guru pend. S1 | v | |
c. Kesesuaian guru mengajar dengan latar belakang pendidikannya | c. 100 % sesuai | c. 90 % sesuai | v | |
d. Jumlah beban mengajar guru | d. Rata-rata 20 jampel. | d. Rata-rata 24 jampel | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Pengalaman mengajar dari guru | a. Rata-rata berpengalaman mengajar > 5 tahun | a. Berpengalaman mengajar > 5 tahun | v | |
b. Kesiapan mengajar guru | b. Memadai | b. Memadai | v | |
c. Fasilitas pengembangan diri | c. Tersedia | c. Tersedia | v | |
B. FUNGSI PENDUKUNG : SARANA/PRASARANA | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Materi penunjang | a. Cukup dan Lengkap | a. Kurang | | v |
b. Ruang pelaksanaan | b. Cukup, luas, bersih, rapih | b. Tidak cukup | | v |
c. Pengelola Kegiatan | c. Cukup dan mampu | c. Kurang | | v |
d. Dana pengembangan kegiatan | d. Tersedia dan cukup | d. tidak cukup | | v |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Dukungan pihak luar utk melengkapi sarana/prasarana | a. Mendukung | a. Tidak sepenuhnya | | v |
b. Kerjasama dengan pihak luar tentang pelaksanaan KSPBK. | b. | b. Belum ada | | v |
c. Kesesuaian buku-buku penunjang KSPBK. | c. Sesuai | c. belum sepenuhnya sesuai | | v |
Sasaran : Pengembangan Kurikulum dan Sistem Pengujian
FUNGSI DAN FAKTOR | KRITERIA KESIAPAN | KONDISI NYATA | TINGKAT KESIAPAN | FAKTOR |
| | | SIAP | TDK SIAP |
A. FUNGSI PEMBELAJARAN | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Pemberdayaan siswa | a. Guru mampu memberdayakan siswa | a. Cukup mampu | v | |
b. Keberagaman metode mengajar | b. Bervariasi | b. cukup Bervariasi | v | |
c. Perilaku siswa | c. Displin dan tertib | c. Kurang Displin dan tertib | | v |
d. Hubungan guru dengan siswa | d. Akrab | d. Akrab | v | |
e. Penggunaan waktu belajar | e. Efektif | e. Kurang Efektif | | v |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Kesiapan siswa menerima pelajaran | a. Siswa siap menerima | a. Cukup | v | |
b. Dukungan orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa | b. Tinggi | b. Cukup | v | |
c. Lingkungan sosial sekolah | c. Kondusif | c. Kondusif | v | |
d. Lingkungan fisik sekolah | d. Nyaman/tenang | d. Nyaman/tenang | v | |
B. FUNGSI PENDUKUNG PBM : KETENAGAAN | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Jumlah guru | a. Memadai dengan ratio | a. Tidak sepenuhnya memadai. | v | |
b. Kualitas guru | b. Pendidikan minimal S1 | a. 99 % guru pend. S1 | v | |
c. Kesesuaian guru mengajar dengan latar belakang pendidikannya | c. 100 % sesuai | c. 90 % sesuai | v | |
d. Jumlah beban mengajar guru | d. Rata-rata 20 jampel. | d. Rata-rata 24jampel. | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Pengalaman mengajar dari guru | a. Rata-rata berpengalaman mengajar > 5 tahun | a. berpengalaman mengajar > 5 tahun | v | |
b. Kesiapan mengajar guru | b. Memadai | b. Memadai | v | |
c. Fasilitas pengembangan diri | c. Tersedia | c. Tersedia | v | |
| | | | |
C. FUNGSI PENDUKUNG PBM : SARANA PERPUSTAKAAN | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Buku setiap mata pelajaran | a. Cukup dan lengkap | a. Kurang lengkap | | v |
b. Jumlah buku penunjang | b. Cukup dan lengkap | b. Kurang lengkap | | v |
c. Jumlah lemari dan rak buku | c. Cukup | c. Kurang | | v |
d. Ruang perpustakaan | d. | d. Ada dan kurang luas | v | |
e. Pengelola perpustakaan | e. | c. Tidak Pustakawan | | v |
f. Dana Pengembangan Perpustakaan | f. Tersedia dan cukup | f. Tersedia dan tidak cukup | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Dukungan orangtua untuk melengkapi perpustakaan | a. Mendukung | a. Cukup | v | |
b. Kerjasama antar perpustakaan | b. | b. Tidak ada | | v |
c. Penambahan koleksi buku dari pihak luar | c. Ada dan memadai | c. Ada dan tidak memadai | v | |
Sasaran : Pembinaan Kesiswaan
FUNGSI DAN FAKTOR | KRITERIA KESIAPAN | KONDISI NYATA | TINGKAT KESIAPAN | FAKTOR |
| | | SIAP | TDK SIAP |
A. FUNGSI PELATIHAN 1. Faktor Internal | | | | |
a. Pemilihan/Penelusuran bakat siswa | a. Guru mampu memilih/ menelusuri siswa berbakat | a. Cukup mampu | v | |
b. Keragaman metode pelatihan | b. Bervariasi | b. Bervariasi | v | |
c. Perilaku siswa | c. Disiplin | c. Cukup | v | |
d. Hubungan guru dengan siswa | d. Akrab | d. Akrab | v | |
e. Penggunaan waktu pelatihan | e. Efektif | e. Kurang efektif | | v |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Kesiapan siswa menerima pelatihan | a. Siswa siap menerima | a. Cukup | v | |
b. Dukungan orangtua utk memotivasi pelatihan siswa | b. Tinggi | b. Cukup | v | |
c. Lingkungan sosial sekolah | c. Kondusif | c. Kondusif | v | |
d. Lingkungan fisik sekolah | d. Nyaman/tenang | d. Nyaman/tenang | v | |
| | | | |
B. FAKTOR PENDUKUNG PELATIHAN KETENAGAAN/PELATIH | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Jumlah Guru Pelatih | a. Memadai | a. Memadai | v | |
b. Kualitas Guru Pelatih | b. Pendidikan minimal S1 | b. Pendidikan minimal S1 | v | |
c. Kesesuaian keterampilan pelatih dengan bahan pelatihan | a. Memadai | a. Memadai | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Pengalaman pelatih | a. Berpengalaman > 5 tahun | a. Berpengalaman > 5 tahun | v | |
b. Kesiapan melatih | b. Siap | b. Siap | v | |
c. Fasilitas pengembangan diri pelatih | c. Tersedia | c. kurang Tersedia | | v |
C. FUNGSI PENDUKUNG PELATIHAN SARANA/PRASARANA | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Lapangan Olahraga | a. | a. | v | |
b. Peralatan Olahraga | b. | b. | v | |
c. Peralatan KIR | c. | c. Ada/kurang memadai | | v |
d. Peralatan PMR | d. | d. Ada/kurang memadai | | V |
e. Peralatan Pramuka | e. | e. | v | |
f. Peralatan Seni | f. | f. | v | |
g. Ruang Keterampilan | g. | g. Tidak ada | | v |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Dukungan orangtua utk melengkapi sarana/prasarana pelatihan | a. Mendukung | a. Cukup | v | |
b. Kerjasama dengan pihak luar | b. | b. | v | |
c. Even Perlombaan | c. | c. | v | |
Sasaran : Pengembangan Fasilitas/Sarana Prasarana
FUNGSI DAN FAKTOR | KRITERIA KESIAPAN | KONDISI NYATA | TINGKAT KESIAPAN | FAKTOR |
| | | SIAP | TDK SIAP |
A. FUNGSI PENGEMBANGAN | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Jumlah RKB | a. Sesuai dengan Ratio Rombel | a. Tidak sesuai (Kurang) | v | |
b. Jumlah Ruang Laboratorium | b. Jumlah Ruang Laboratorium | b. Tidak sesuai (Kurang | | v |
c. Jumlah Ruang Keterampilan | c. Sesuai dengan jumlah keterampilan yang di ekstrakurikulerkan | c. Tidak ada | | v |
d. Jumlah Ruang Perpustakaan | d. | d. Cukup | v | |
e. Fasilitas sarana/prasarana Lainnya | e. | e. Memadai | v | |
| | | | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Jumlah calon siswa baru | a. Cukup/melebihi kapasi - tas daya tampung | a. Cukup dan melebihi kapasitas daya tampung | v | |
b. Minat belajar/praktikum dan pelatihan siswa | b. Tinggi | b. Tinggi | v | |
c. Motivasi orangtua terhadap peningkatan aakademik dan non akademik siswa | c. Tinggi | c. Tinggi | v | |
B. FUNGSI PENDUKUNG : KETENAGAAN | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Jumlah guru | a. Memadai dengan ratio | a. Tidak sepenuhnya memadai. | v | |
b. Kualitas guru | b. Pendidikan minimal S1 | a. 99 % guru pend. S1 | v | |
c. Kesesuaian guru mengajar dengan latar belakang pendidikannya | c. 100 % sesuai | c. 90 % sesuai | v | |
d. Jumlah beban mengajar guru | d. Rata-rata 20 jampel. | d. Rata-rata 24 jampel | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Pengalaman mengajar dari guru | a. Rata-rata berpengalaman mengajar > 5 tahun | a. Berpengalaman mengajar > 5 tahun | v | |
b. Kesiapan mengajar guru | a. Memadai | b. Memadai | v | |
c. Fasilitas pengembangan diri | c. Tersedia | c. Tersedia | v | |
| | | | |
C. FUNGSI PENDUKUNG : KETERSEDIAAN LOKASI | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Luas lahan sekolah | a. Luas dan memadai | a. Luas (2 Ha) | v | |
b. Penataan sarana/prasarana | b. Tertata rapi | b. Tertata rapi | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Lingkungan Sekolah | a. Kondusif | a. Kondusif | v | |
b. Lingkungan Fisik sekolah | b. Nyaman/Tenang | b. Nyaman/Tenang | v | |
| | | | |
Sasaran : Pengembangan Ketenagaan/Personalia
FUNGSI DAN FAKTOR | KRITERIA KESIAPAN | KONDISI NYATA | TINGKAT KESIAPAN | FAKTOR |
| | | SIAP | TDK SIAP |
A. FUNGSI KETERSEDIAAN | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Jumlah guru/Personalia | a. Memadai dengan ratio | a. Tidak sepenuhnya memadai. | v | |
b. Kualitas guru/Personalia | b. Pendidikan minimal S1/ | a. 99 % guru pend. S1/ | v | |
c. Kesesuaian guru mengajar dengan latar belakang pendidikannya | c. 100 % sesuai | c. 90 % sesuai | v | |
d. Jumlah beban mengajar guru | d. Rata-rata 20 jampel. | d. Rata-rata 24 jampel | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Pengalaman mengajar/bekerja dari guru dan personalia | a. Rata-rata berpengalaman > 5 tahun | a. Berpengalaman > 5 tahun | v | |
b. Kesiapan mengajar/kerja guru/person | b. Memadai | b. Memadai | v | |
c. Fasilitas pengembangan diri | c. Tersedia | c.Kurang tersedia | v | |
B. FUNGSI PENDUKUNG : PEMBERDAYAAN KETENAGAAN | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Kesiapan menerima perubahan | a. Siap dan merespon | a. Siap dan merespon | v | |
b. Kerjasama | b. Harmonis | b. cukup | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Pengalaman mengajar dari guru | a. Rata-rata berpengalaman mengajar > 5 tahun | a. Berpengalaman mengajar > 5 tahun | v | |
b. Kesiapan mengajar guru | b. Memadai | b. Memadai | v | |
c. Fasilitas pengembangan diri | c. Tersedia | c.kurang tersedia | v | |
C. FUNGSI PENDUKUNG : KESEJAHTERAAN | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Usaha-usaha peningkatan kesejahteraan ketenagaan | a. | a. Cukup | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Dukungan orangtua/masyarakat utk peningkatan kesejahteraan Ketenagaan | b. | b. Ada/tidak memadai | | v |
Sasaran : Aspek Lain-Lain
FUNGSI DAN FAKTOR | KRITERIA KESIAPAN | KONDISI NYATA | TINGKAT KESIAPAN | FAKTOR |
| | | SIAP | TDK SIAP |
A. FUNGSI PENGEMBANGAN : PELATIHAN KETERAMPILAN KOMPUTER | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Motivasi penambahan keterampilan | a. Tinggi | a. Tinggi | v | |
komputer siswa | | | | |
b. Motivasi penambahan keterampilan komputer guru | b. Tinggi | b. Tinggi | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Dorongan pelayanan masyarakat dengan sistim komputerisasi | a. Tinggi | a. Tidak terlayani | | v |
b. Dorongan orangtua siswa untuk menambah keterampilan computer Siswa | b. Tinggi | b. Cukup | v | |
2. FUNGSI PENDUKUNG : KETERSEDIAAN SARANA / PRASARANA KOMPUTER | | | | |
1. Faktor Internal | | | | |
a. Ketersediaan sarana computer | a. | a. Ada dan tidak memadai | | v |
b. Ketersediaan ruang computer | b. | b. | v | |
c. Ketersediaan Instruktur | c. | c. | v | |
2. Faktor Eksternal | | | | |
a. Kerjasama dengan pihak luar | a. | a. Tidak ada | | v |
b. Bantuan dari pihak orangtua siswa dalam pengadaan sarana komputer | b. | b. Ada dan tidak memadai | | v |
c. Bantuan dari pihak orangtua siswa dalam pengadaan ruang komputer | c. | c. Belum ada | | v |
AGENDA SCHOOL REFORM
PROGRAM KERJA SMA NEGERI 1 SIDOMULYO TP. 2009/2010
LEVEL : Regulator/Kelas
NO | AGENDA | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI |
| REFORMASI | | DALAM WAKTU 4 TAHUN | | PADA TP. 2009/2010 |
| Mewujudkan Proses Pembelajaran yang Efektif | 1.1. | Belajar dengan inquiry / discovery | 1,1 | Mengidentifikasi potensi dasar siswa |
| | 1.2. | Belajar dengan cara diskusi | 1,2 | Mengidentifikasi mareri dasar dan pengembangan |
| | 1,3 | Belajar dengan learning to learn | 1,3 | Menciptakan suasana pembelajaran |
| | 1,4 | Belajar dengan learning by doing | 1,4 | Menciptakan motivasi belajar yang tinggi |
| | 1,5 | Belajar dengan pemberian reward dan punishment | 1,5 | Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode variatif dan media komunikasi pembelajaran audio - visual |
| | 1,6 | Peningkatan komitmen pada siswa belajar | | |
| | 1,7 | Reorientasi proses pembelajaran untuk peningkatan life skill | | |
| | 1,8 | Penggunaan multi media sebagai sumber belajar | | |
| | 1,9 | Peningkatan daya baca siswa | | |
| | 1,1 | Sinergi kelompok dalam belajar | | |
2 | Menerapkan sistem evaluasi yang efektif dan melakukan perbaikan se cara berkelanjutan | 2,1 | Penyusunan soal sesuai dengan pedoman secara benar | 2,1 | Menyusun rencana evaluasi yang valid dan reliabel |
| | 2,2 | Penerapan evaluasi secara teratur | 2,2 | Mengefektifkan evaluasi proses pembelajaran |
| | 2,3 | Pemberian nilai secara objektif dan terbuka | 2,3 | Melaksanakan analisis hasil evaluasi |
| | 2,4 | Umpan balik hasil tes untuk remedial | 2,4 | Menyelenggarakan penyusunan program perbaikan dan pengayaan |
| | 2,5 | Umpan balik hasil tes untuk penyempurnaan pembelajaran | 2,5 | Mengukur daya serap siswa |
| | 2,6 | Memberikan reward bagi yang berhasil | | |
| | 2,7 | Pemberdayaan evaluasi sebagai alat evaluasi belajar | | |
| | 2,8 | Pembentukan standar keberhasilan sesuai dengan | | |
| | | kondisi sekolah | | |
| | 2,9 | Administrasi penilaian yang tertata rapi | | |
| | 2.1'0 | Mengkomunikasikan hasil evaluasi kepada | | |
PROGRAM KERJA SMA NEGERI 1 SIDOMULYO TP. 2009/2010
LEVEL : Mediator/Profesi
NO | AGENDA | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI DALAM | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI |
| REFORMASI | | WAKTU 4 TAHUN | | PADA TP. 2009/2010 |
3 | Melakukan refleksi diri kearah pembentukan karakter kepemimpinan sekolah kuat | 3,1 | Melakukan pengambil keputusan kolektif | 3,1 | Efektifitas kepemimpinan kepala sekolah mampu memberikan pengaruh yang positif atas kinerja seluruh personal karena yang baik |
| | 3,2 | Kepemimpinan fasilitas | 3,2 | Terbuka menerima masukan ke arah positif |
| | 3,3 | Kepemimpinan demokratif | 3,3 | Pengambilan keputusan melalui musyawarah dan demokratis |
| | 3,4 | Pengembangan kepemimpinan guru | 3,4 | Bersama komponen lain menjadi figur teladan lantaran iman dan taqwa sehingga terbiasa dalam segala aspek keseharian yang nyaris tanpa adanya dikotomi |
| | 3,5 | Peningkatan kemampuan dalam mengambil keputusan | | |
| | 3,6 | Peningkatan kemampuan profesional Kepala Sekolah | | |
| | 3,7 | Kepala sekolah dan guru sebagai figur teladan | | |
| | 3,8 | Kepemimpinan bersih dan transparan | | |
| | | | | |
4 | Melaksanakan pengembangan staff yang kompeten dan berdedikasi tinggi | 4,1 | Penataan pembagian tugas yang jelas | 4,1 | Mereposisi staf sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan tugas - tugas |
| | 4,2 | Meningkatkan kopetensi staff melalui pelatihan | 4,2 | Memberikan keleluasaan berinisiatif dan berinofatif dalam tugas kepada para staf dan komponen sekolah dalam menyelesaikan masalah |
| | 4,3 | Meningkatkan kemampuan profesionalisme | 4,3 | Menganalisis materi esensial yang terintegrasi dalam menyusun silabus |
| | 4,4 | Meningkatkan pemahaman guru tentang materi esensial | 4,4 | Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan hal lain secara komprehe sif melaluirapat dinas secara berkala |
| | 4,5 | Melaksanakan rapat evaluasi pelaksanaan tugas yang melibatkan seluruh staff | | |
PROGRAM KERJA SMA NEGERI 1 SIDOMULYO TP. 2009/2010
LEVEL : Manajemen/Sekolah
NO | AGENDA | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI DALAM | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI |
| REFORMASI | | WAKTU 4 TAHUN | | PADA TP. 2009/2010 |
5 | Menumbuhkan | 5,1 | Menumbuhkan kemandirian dalam penentuan program sekolah | 5,1 | Membuat perencanaan sekolah secara terpadu dengan melibatkan unsur-unsur steak holder. |
| Komitmen untuk Mandiri | 5,2 | Menumbuhkan kemandirian dalam pendanaan program sekolah | 5,2 | Menumbuhkan budaya demokrasi di sekolah. |
| | 5,3 | Melaksanakan tugas sesuai dengan keahlian | 5,3 | Menumbuhkan budaya transparasi di semua sektor. |
| | 5,4 | Menambah wawasan pengetahuan sesuai dengan keahlian | 5,4 | Menumbuhkembangkan budaya standar mutu dalam melaksanakan tugas |
| | 5,5 | Menumbuhkan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas | | |
| | 5,6 | Melaksanakan tugas tanpa menunggu petunjuk dan perintah | | . |
| | 5,7 | Meningkatkan partisipasi guru dalam melasanakan kebijaksanaan sekolah | | |
6 | Mengutamakan | 6,1 | Melaksanakan proses pembelajaran yang efektif dan efesien sesuai jadwal | 6,1 | Menyusun perencanaan kegiatan belajar secara terpadu |
| kepuasan | 6,2 | Menyajikan pembelajaran yang ramah, menyenangkan, cepat dan efktif | 6,2 | Menciptakan suasana belajar yang kondusif, sehingga dapat diharapkan hasil belajar yang oftimal |
| pelanggan | 6,3 | Terbuka terhadap saran dan kritik | 6,3 | Meningkatkan pelayanan terhadap warga sekolah dan masyarakat |
| (customer | 6,4 | Beroriantasi pada peningkatan kualitas pelayanan | 6,4 | Menumbuhkembangkan jalinan silaturrahmi dengan warga sekolah, masyarakat, dan orang tua dalam rangka kepedulian akan penting peningkatan mutu pendidikan di SMU Negeri 1 Sidomulyo |
| satisfaction) | 6,5 | Memberikan kemudahan pada siswa agar dapat belajar efektif | | |
| | 6,6 | Meningkata kepuasan masyarakat atas pelayanan sekolah melalui peningkatan prestasi siswa. | | |
PROGRAM KERJA SMA NEGERI 1 SIDOMULYO TP. 2009/2010
LEVEL : Manajemen/Sekolah
NO | AGENDA | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI DALAM | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI |
| REFORMASI | | WAKTU 4 TAHUN | | PADA TP. 2009/2010 |
7 | menumbuhkan sikap responsive dan antisipasi terhadap kebutuhan | 7,1 | Memberikan kepuasan kepada guru untuk menyampaikan hasil pikiran / gagasan untuk kemanjuan sekolah | 7,1 | Memberikan keleluasaan guru untuk meng ekpresikan gagasan-gagasannya. |
| | 7,2 | Dapat mengantisipasi setiap perubahan/ tututan dimasa depan | 7,2 | Memberikan keleluasaan guru untuk - |
| | 7,3 | Menyelesaikan masalah dengan tepat dan cepat | 7,3 | Jalan panjang menyiapkan siswa menuju pendewasaan diri, memahami jati diri, memiliki kecakapan berpikir rasional dan akademik, kecakapan vokasional dan berkepribadian atas dasar iman dan takwa |
| | 7,4 | Penyusunan program di dahului dengan analisis kebutuhan siswa | 7,4 | Penyediaan berbagai sumber imformasi melalui buku-buku perpustakaan, VCD pem belajaran, media |
| | 7,5 | Penyediaan bergai sumber informasi seperti internet, televisi, buku, koran, jurnal, mading, dls. | 7,5 | Memberi layanan bimbingan khusus kepada siswa yang bermasalah maupun yang berprestasi baik. |
8 | Menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan tertib | 8,1 | Menyusun tata tertib yang disepakati seluruh warga sekolah | 8,1 | Menggalakkan 8 K |
| | 8,2 | Mengembangkan sekolah yang aman,bersih,tertib,indah, rindang,kekeluargaan,ber-keimtaqan dan garba iptek. | 8,2 | Menjadikan sekolah sebagai taman yang kondusif untuk mendulang prestasi |
| | 8,3 | Menciptakan hubungan kerja yang harmonis. | 8,3 | Revitalisasi tatatertib sekolah |
| | 8,4 | Melaksanakan tata tertib yang konsekuen | 8,4 | Lingkungan yang bersih mendukung kenyamanan belajar |
| | 8,5 | Menciptakan kerjasama dengan masyarakat sekitar sekolah | 8,5 | Membudayakan menjaga kebersihan itu lebih mulia |
| | 8,6 | Menunjuk petugas keamanan dan kebersihan sekolah | 8,6 | Pemagaran keliling tetapi tetap terjaga keindahannya |
PROGRAM KERJA SMA NEGERI 1 SIDOMULYO TP. 2009/2010
LEVEL : Manajemen/Sekolah
NO | AGENDA | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI DALAM | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI |
| |
| REFORMASI | | WAKTU 4 TAHUN | | PADA TP. 2009/2010 |
| |
9 | Menumbuhkan budaya mutu di lingkunaan sekolah | 9,1 | Memberi reward kepada guru, staf, dan siswa berprestasi | 9,1 | Pemberian penghargaan kepada siswa dan guru atas prestasi dan pengabdiannya |
| |
| | 9,2 | Memberdayakan MGMP tingkat sekolah | 9,2 | Menumbuhkan MGMP sekolah dan kabupaten |
| |
| | 9,3 | Mewajibkan warga sekolah untuk memberdayakan perpustakaan | 9,3 | Menumbuhkan budaya membaca melalui optimalisasi bahan pustaka |
| |
| | 9,4 | Meningkatkan kualitas kehidupan beragama | 9,4 | Membina kehidupan beragama, sehingga terbiasa dalam kehidupan sehari-hari |
| |
| | 9,5 | Memiliki target mutu yang tinggi | | |
| |
10 | Menumbuhkan harapan Prestasi Tinggi | 10,1 | Bidang Akademik a. Peningkatan kemampuan profesional guru b. Penciptaan kondisi, belajar sebagai kebutuhan c. Peningkatan kualitas proses pembelajaran d. Dukungan orang tua dan masyarakat e. Sistem evaluasi yang efektifdan efisien | 10,1 | Meningkatkan dan mempertahan prestasi belajar yang selama ini telah dimiliki sekolah baik tingkat kabupaten maupun propinsi |
| |
| | 10,2 | Bidang non-akademik a. Mengadakan lomba cepat tepat dalam kegiatan class meeting b. Melaksanakan jadwal rutin olahraga prestasi / seni c. Mengikut sertakan siswa dalam lomba-lomba | 10,2 | Pemahaman agamis sehingga tercipta kondisi belajar adalah kebutuhan |
| |
| | 103 | Pengembangan Visi a. Kepala sekolah memberi motifasi b. Kepala sekolah memberi reward c. Kepala sekolah memberi kepercayaan d. Kepala sekolah memberi kesempatan pengembangan diri | 10,3 | Pembinaan kegiatan ekstrakurikuler yang terarah, disibukkan dengan jam belajar tambahan , dan hal-hal lain yang positif sehingga diharapkan siswa terhindar dari jeratan miras dan obat terlarang , misalnya latihan olahraga terjadwal, praktikum, latihan LKIR,PMR,PASKIBRA,Beladiri, mabit, tindaklanjut pesantren kilat. |
| |
| | | | 10,4 | Mengikutkan siswa dalam kegiatan lomba akademik dan non-akademik |
| |
| | | | 10,5 | Kepala sekolah bersama seluruh civitas akademika membuka kesempatan seluasnya agar SMU N 1 SIDOMULYO berada dalam arah kompas kemajuan sehingga memberikan kontribusi sangat positif yang tidak dapat dinilai dengan alat tukar apapun |
| |
11 | Menumbuhkan kemauan untuk berubah | 11,1 | Menumbuhkan kebiasaan melakukan perubahan | 11,1 | Melaksanakan studi banding agar membuka wawasan dan pengetahuan serta pengalaman baru bagi warga sekolah. |
| |
| | 11,2 | Memberi kesempatan dan peluang untuk berubah | 11,2 | Mengupayakan agar sekolah selalu mengalami perubahan ke arah yang positif diberbagai aspek, oleh karenanya penting adanya jalinan yang harmonis dengan berbagai pihak |
| |
| | 11,3 | Menjalin hubungan yang sinergis dengan orang tua dan masyarakat untuk mengadakan pembaharuan yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan | 11,3 | Kurikulum adalah benda mati yang abstrak,akan terasakan se makin abstrak manakala tidak disikapi dan disiasati secara arif dan bijak |
| |
| | 11,4 | Mengadakan studi banding ke lembaga yang lebih baik | | |
| |
| | 11,5 | Memberi kesempatan kepada guru mata pelajaran dan untuk mensiasati kurikulum | | |
| |
12 | Mengembangkan komunikasi yang baik | 12,1 | Melakukan pertemuan dengan seluruh stake holders untuk membicarakan program sekolah | 12,1 | Pemahaman yang utuh dan satu bahasa atas seluruh program sekolah bagi warga sekolah tanpa terkecuali |
| |
| | 12,2 | Melakukan komunikasi secara tertulis atau lisan kepada orang tua dan masyarakat berkaitan dengan kepentingan sekolah | 12,2 | Komunikasi yang harmonis dalam bentuk dan media apapun demi kepentingan kemajuan sekolah |
| |
| | 12,3 | Bekerjasama antar seluruh stake holders dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah sesuai dengan fungsi masing-masing | 12,3 | Mengoptimalkan kegiatan MGMP tingkat sekolah dan Kabupaten, dan kegiatan lainnya baik pada tingkat yang sama maupun tingkat di atasnya | | |
| | 12,4 | Membina komunikasi antar warga sekolah | | | | |
| | 12,5 | Menyelenggarakan pertemuan rutin MGMP | | | | |
13 | Mewujudkan tim kerja yang kompak cerdas dan dinamis | 13,1 | Memilih anggota tim yang sesuai dengan kemampuannya | 13,1 | Pembinaan team work yang solid mutlak dilakukan untuk men yikapi berbagai aktifitas KSPBK yang berakar pada MPMBS yang intensitasnya relatif tinggi |
| |
| | 13,2 | Menyusun program kerja tim | 13,2 | Melengkapi tim kerja yang belum ada |
| |
| | 13,3 | Menentukan target yang hendak dicapai | 13,3 | Menyusun rencana dan jadwal kegiatan |
| |
| | 13,4 | Menyusun jadwal kerja | 13,4 | Akuntabilitas tim kepada sivitas akademika. |
| |
| | 13,5 | Akuntabilitas tim kepada warga sekolah dan stake holders | | |
|
14 | Melaksanakan keterbukaan transparan ) manajemen sekolah ) | 14,1 | Melibatkan stake holders dalam menyusun program kerja sekolah | 14,1 | Program kerja sekolah disusun secara terbuka dan bersama-sama melibatkan unsur warga sekolah, komite, dan unsur lain |
| | 14,2 | Melibatkan warga sekolah dalam melaksanakan program | 14,2 | Program kerja sekolah dipahami secara menyeluruh oleh seluruh warga sekolah dan pelaksana serta penanggung jawab program |
| | 14,3 | Menumbuhkan sistem dan iklim demokratis di sekolah | 14,3 | Pembinaan pribadi yang unggul lebih utama agar kegiatan di laksanakan dengan jujur sehingga menjadi sempurna manakala dilengkapi waskat. |
| | 14,4 | Memfungsikan pengawasan melekat ( Waskat ) | | |
| | 14,5 | Secara rutin memberikan informasi kepada stake holders | | |
15 | Menetapkan secara jelas serta me wujudkan visi dan misi sekolah | 15,1 | Merumuskan visi dan misi yang terukur dengan warga sekolah | 15,1 | Rumusan visi dan misi yang jelas sehingga mudah diukur dan secara berkala dievaluasi |
| | 15,2 | Mensosialisasikan visi dan misi sekolah kepada stake holders | 15,2 | Sosialisasi visi dan misi kepada stake holders |
| | 15,3 | Menentukan tujuan untuk mewujudkan visi dan misi sekolah | 15,3 | Penyusunan program dalam bentuk proposal untuk mendapatkan pembiayaan dari unsur terkait. |
PROGRAM KERJA SMA NEGERI 1 SIDOMULYO TP. 2009/2010
LEVEL : Manajemen/Sekolah
NO | AGENDA | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI DALAM | NO | SASARAN YANG AKAN DICAPAI |
| REFORMASI | | WAKTU 4 TAHUN | | PADA TP. 2009/2010 |
16 | Melaksanakan pengolahan tenaga kependidikan secara efektif | 16,1 | Menganalisis kebutuhan | 16,1 | Menganalisis dan menyusun rencana kebutuhan guru dan siswa dalam kegiatan belajar |
| | 16,2 | Merencanakan kebutuhan | 16,2 | Evaluasi untuk perbaikan kinerja tenaga kependidikan |
| | 16,3 | Mengembangkan tenaga kependidikan | 16,3 | Memberi penghargaan kepada tenaga kependidikan dan tenaga administrasi |
| | 16,4 | Mengevaluasi kinerja tenaga kependidikan | 16,4 | Pembagian tugas yang signifikan sehingga menjadi team work yang solid |
| | 16,5 | Hubungan kerja yang baik imbal jasa | 16,5 | Meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh warga sekolah , guru, tata usaha, pesuruh, penjaga keamanan |
| | 16,6 | Membagi habis tugas sesuai dengan Bidangnya | | |
| | 16,7 | Meningkatkan kemampuan personal yang profesional | | |
| | 16,8 | Memberikan penghargaan kepada tenaga kependidikan | | |
17 | Melaksanakan pengelolaan sumber belajar secara efektif | 17,1 | Meningkatkan perpustakaan menjadi pusat pembelajaran | 17,1 | Melengkapi, memelihara dan optmalisasi pemberdayaan sarana dan prasarana perpustakaan dengan adanya audio-visual dan koleksi bahan pustaka |
| | 17,2 | Membudayakan siswa dan guru memanfaatkan pusat sumber belajar | 17,2 | Penyediaan jam layanan pustaka |
| | | | 17,3 | Membudayakan optimalisasi sumber-sumber belajar.laboratorium dan perpustakaan, oleh karenanya penting adanya standarisasi |
| | 17,3 | Menambah jam pelayanan pusat pembelajaran | | |
| | 17,4 | Melengkapi fasilitas pusat pembelajaran sesuai dengan pembelajaran sesuai dengan perkembangan iptek | | |
| | 17,5 | Memberdayakan pengolahan pusat pembelajaran secara Optimal | | |
18 | Melaksanakan pengelolaan kegiatan kesiswaan secara optimal | 18,1 | Menyusun program dan jadwal akstra kurikuler | 18,1 | Revisi dan revitalisai program kegiatan ekstra kurikuler |
| | 18,2 | Melaksanaklan program ekstra kurikuler | 18,2 | Pengisian angket ekstra kurikuler |
| | 18,3 | Menjaring peserta ekstra kurikuler sesuai dengan bakat dan minat | 18,3 | Eksplorasi ekstra kurikuler yang menarik minat, dan mengarah pada ekstra kurikuler unggulan sesuai dengan wawasan khusus yang |
Komite Sekolah Ketua, Ir. Hi. SUMARGO | Sidomulyo, Kepala Sekolah HIDAYATULLAH, S.Pd Pembina NIP. 19620730 198503 1 002 |